Tips Stabilkan Keuangan Akibat Dompet Tipis usai Lebaran

loading...
Tips Stabilkan Keuangan Akibat Dompet Tipis usai Lebaran
Foto Ilustrasi/Greenpath
JAKARTA - Semarak menyambut Idul Fitri sering kali membuat orang lupa mengontrol pengeluaran. Terlebih saat mereka mendapatkan tunjangan hari raya alias THR, rasanya ingin membelanjakan seluruh uang untuk keperluan lebaran.

Akibatnya, banyak dari mereka yang lupa menyisihkan uang sehingga sering kali bokek paska lebaran. Nah, agar tidak terjadi hal seperti itu, berikut beberapa tips menstabilkan keuangan usai berlebaran.

Baca Juga: Crazy Rich Nigeria Ini Langsung Mual saat Diminta Makan Mie Instan

1. Cek Dana yang Dimiliki



Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek berapa dana yang Anda dimiliki. Namun, pastikan dana yang telah disisihkan untuk investasi tidak diotak-atik.

Pisahkan antara kebutuhan mendesak dengan kebutuhan yang dapat ditunda. Buat daftar dan catat apa saja yang dapat dilakukan untuk menyehatkan kembali keuangan Anda.

2. Susun Kembali Anggaran Keuangan

Setelah mengetahui besaran posisi keuangan, kini saatnya mencatat pengeluaran yang masih harus ditanggung, paling tidak sampai jadwal penerimaan gaji berikutnya. Pengeluaran itu termasuk cicilan rutin dan pos pengeluaran rutin.

3. Batasi Pengeluaran

Hindari mengeluarkan uang untuk keperluan yang sekiranya masih bisa ditunda. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran. Biasakan diri untuk menggunakan uang secukupnya. Jangan mudah tergoda oleh promo-promo yang bertebaran di luar sana.



Baca Juga: Video Emak-Emak Ngamuk ke Kurir Viral, Warganet: Gini Nih Ibu-Ibu Salah Pergaulan

4. Tabung dan Sisihkan Uang

Kebanyakan orang berpikir menabung adalah menyisihkan uang yang tersisa dari penghasilan setelah terlebih dulu membelanjakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pola pikir inilah yang harus dibenahi.

Menabunglah terlebih dulu, baru membelanjakan sisanya. Apapun yang terjadi, menabung harus menjadi prioritas utama setelah menerima penghasilan. Apa yang tersisa setelahnya, silahkan Anda habiskan untuk keperluan, bukan sebaliknya.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top