Tips Stabilkan Keuangan Akibat Dompet Tipis usai Lebaran

Minggu, 16 Mei 2021 - 12:42 WIB
loading...
Tips Stabilkan Keuangan Akibat Dompet Tipis usai Lebaran
Foto Ilustrasi/Greenpath
A A A
JAKARTA - Semarak menyambut Idul Fitri sering kali membuat orang lupa mengontrol pengeluaran. Terlebih saat mereka mendapatkan tunjangan hari raya alias THR, rasanya ingin membelanjakan seluruh uang untuk keperluan lebaran.

Akibatnya, banyak dari mereka yang lupa menyisihkan uang sehingga sering kali bokek paska lebaran. Nah, agar tidak terjadi hal seperti itu, berikut beberapa tips menstabilkan keuangan usai berlebaran.



1. Cek Dana yang Dimiliki

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek berapa dana yang Anda dimiliki. Namun, pastikan dana yang telah disisihkan untuk investasi tidak diotak-atik.

Pisahkan antara kebutuhan mendesak dengan kebutuhan yang dapat ditunda. Buat daftar dan catat apa saja yang dapat dilakukan untuk menyehatkan kembali keuangan Anda.

2. Susun Kembali Anggaran Keuangan

Setelah mengetahui besaran posisi keuangan, kini saatnya mencatat pengeluaran yang masih harus ditanggung, paling tidak sampai jadwal penerimaan gaji berikutnya. Pengeluaran itu termasuk cicilan rutin dan pos pengeluaran rutin.

3. Batasi Pengeluaran

Hindari mengeluarkan uang untuk keperluan yang sekiranya masih bisa ditunda. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran. Biasakan diri untuk menggunakan uang secukupnya. Jangan mudah tergoda oleh promo-promo yang bertebaran di luar sana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)