5 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Salah Satunya dengan Rutin Berolahraga!

Minggu, 16 Mei 2021 - 20:10 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Salah Satunya dengan Rutin Berolahraga!
Rambut rontok bisa diatasi dengan cara sederhana, salah satunya berolahraga. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Rambut rontok adalah masalah yang normal terjadi. Namun bila rambut yang rontok berlebihan bisa menjadi masalah tersendiri. Kondisi ini membuat Anda khawatir akan mengalami kebotakan.

Jika jumlah rambut yang rontok melebihi 100 helai setiap harinya, Anda perlu mengambil langkah. Melansir Times of India, berikut adalah cara mudah mengatasi rambut rontok.

1. Gunakan Kondisioner

Kondisioner yang baik dapat memberikan keajaiban bagi rambut Anda. Ini mengandung asam amino yang membantu memperbaiki rambut rusak, dan juga membantu menjaganya tetap halus.

Baca Juga : Rambut Sehat Bersinar selama Libur Lebaran dengan Minyak Alpukat

2. Pemilihan Sampo yang Tepat

Pertama dan terpenting, sangat penting untuk memahami jenis kulit kepala Anda dan memilih sampo yang tepat. Plus, Anda perlu mencuci rambut tergantung pada kulit kepala Anda.

Misalnya, terlalu sering keramas dapat menyebabkan kulit kepala kering dan berakibat pada kerontokan rambut. Selanjutnya, pastikan sampo tidak mengandung bahan kimia termasuk sulfat, paraben dan silikon yang dapat membuat rambut Anda rapuh dan rentan terhadap kerusakan.

3. Diet dan Olahraga

Tidak peduli produk apa yang Anda gunakan, tidak ada yang dapat membuktikan manfaatnya jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang seimbang dan berolahraga secara berdampingan.

Pastikan untuk memasukkan banyak protein dan zat besi ke dalam asupan harian Anda. Selain itu, olahraga, yoga, dan meditasi adalah pilihan bagus untuk mengurangi rambut rontok.

4. Lakukan Trim Rutin

Ujung rambut cenderung mudah rusak dan bercabang. Karenanya, melakukan trim atau pemangkasan di ujung rambut setiap enam hingga delapan minggu secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan rambut.

Baca Juga : Menu Lebaran Bikin Badan Melar? Yuk Turunkan dengan 3 Olahraga Berikut Ini!

5. Meminyaki Rambut

Tak perlu dikatakan, meminyaki rambut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan akar. Pastikan untuk memijat rambut Anda seminggu sekali dengan minyak yang sesuai dengan kulit kepala Anda. Tutupi dengan topi mandi dan bersihkan dengan sampo lembut setelah dua jam.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2958 seconds (0.1#10.140)