Agar Terhindar dari Keguguran, Coba Ikuti 5 Tips Berikut Ini

Selasa, 18 Mei 2021 - 19:49 WIB
loading...
A A A
2. Batasi Kafein

Ibu hamil memang tidak dilarang mengonsumsi kafein, tetapi sebaiknya dibatasi. Ada jenis makanan yang populer dan mengandung kafein, yaitu cokelat dan kopi.

Untuk itu ibu hamil disarankan membatasi asupan kafein agar kehamilan tetap terjaga dan sehat. Batas maksimal konsumsi kopi ibu hamil dalam satu hari adalah sekitar dua cangkir atau setara dengan 200 miligram kafein.

3. Mengangkat Benda Berat

Ibu hamil juga tidak disarankan untuk mengangkat atau memindahkan benda yang berat.

Perubahan hormon yang terjadi bisa membuat tubuh ibu hamil terasa lemah, sehingga mungkin akan kesulitan mengangkat benda berat dan rentan mengalami cedera serta nyeri punggung. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa memicu bahaya, seperti perdarahan, persalinan prematur, dan air ketuban pecah dini.

4. Stres yang Berlebihan

Sering stres saat hamil dapat membuat ibu hamil rentan mengalami depresi. Selain itu, stres berat saat hamil juga bisa memengaruhi kondisi janin, yaitu mengganggu tumbuh kembang janin dan meningkatkan risiko terlahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari stres berlebih supaya janin selalu dalam kondisi sehat. Stres dapat dihindari dengan melakukan berbagai hal yang disenangi, melakukan meditasi dan yoga, bercerita dengan pasangan atau keluarga terdekat, dan memperbanyak waktu istirahat.

5. Mencuci Kandang Binatang Peliharaan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)