Perawatan Berbasis Plasma Memberikan Peluang kesembuhan Virus Corona?

Senin, 20 April 2020 - 11:03 WIB
loading...
Perawatan Berbasis Plasma Memberikan Peluang kesembuhan Virus Corona?
Orang yang sembuh dari COVID-19 bisa berkontribusi. Secara teori, antibodi corona dapat diambil dari pasien COVID-19 yang sembuh dan diinfuskan ke seseorang yang terinfeksi virus. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Center New York Blood (NYBC) merupakan organisasi pengumpulan darah pertama di Amerika Serikat yang mengumpulkan plasma dari pasien virus corona untuk digunakan sebagai pengobatan yang menjanjikan atas penyakit Covid-19.

Sebelum pemberian antibiotik diperdebatkan, plasma darah sudah digunakan untuk mengobati penyakit bakteri menular dengan memasukkan darah pasien yang sudah pulih ke dalam tubuh mereka yang mengalami infeksi.

Pendekatan ini juga telah dicoba melawan infeksi virus seperti influenza H1N1, SARS dan MERS, dengan keberhasilan yang tidak konsisten. Beberapa pasien mendapat manfaat, tetapi yang lain tidak dan dokter tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang alasan ini.

Tetapi, selama pandemi yang berkembang, seperti COVID-19, perawatan berbasis plasma dapat memberikan peluang kesembuhan, sementara terapi dan vaksin dikembangkan.

Idenya relatif sederhana, dan berdasarkan pada konsep kekebalan pasif. Orang yang sembuh dari COVID-19 bisa berkontribusi karena sistem kekebalan mereka mengembangkan respons kekebalan yang kuat terhadap SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19. Sebagai bagian penting dari respons, plasma darah akan membuat antibodi, termasuk pembunuh mikroba umum dan sel khusus yang hanya menargetkan protein yang ditemukan pada SARS-CoV-2.

Secara teori, antibodi ini dapat diambil dari pasien COVID-19 yang sembuh, dan diinfuskan ke seseorang yang baru-baru ini terinfeksi virus.

"Jika Anda secara pasif memasukkan seseorang yang sakit aktif, antibodi untuk sementara dapat membantu orang yang sakit melawan infeksi dengan lebih efektif, dan sembuh sedikit lebih cepat," kata Dr. Bruce Sachais, kepala petugas medis di New York Blood seperti dilansir dari Time.

Sementara, terapi ini masih eksperimental, Administrasi Makanan dan Obat AS (FDA) pada 24 Maret mengizinkan dokter untuk menggunakan plasma dari pasien yang sembuh untuk mengobati mereka yang serius atau segera terinfeksi COVID-19. Dokter dapat mengajukan permohonan ke FDA untuk menggunakannya untuk pasien mereka, dan FDA akan meninjau permintaan dengan cepat dan membuat keputusan berdasarkan kasus per kasus.

Sachais mengatakan NYBC siap untuk mulai mengumpulkan darah dari pasien yang sembuh dan telah dites negatif untuk infeksi virus aktif, dan memenuhi persyaratan lain untuk memastikan plasma mereka aman untuk diinfuskan. Donor pertama kemungkinan berasal dari rumah sakit yang telah berhasil merawat pasien, dan plasma yang disumbangkan akan kembali ke rumah sakit tersebut untuk merawat pasien mereka. Sistem Kesehatan Gunung Sinai mengumumkan bahwa mereka mulai bekerja dengan NYBC untuk mulai merawat beberapa pasien parah dengan terapi ini

Tapi, Sachais mengatakan dia bekerja dengan pusat darah dan rumah sakit lain untuk menciptakan system, di mana plasma yang disumbangkan dapat disimpan dan dibagikan.

Untuk saat ini, setiap pasien kemungkinan akan menerima satu unit plasma, yaitu sekitar 200-250 sentimeter kubik. Tetapi karena jumlah antibodi pada donor dapat bervariasi, para peneliti sedang mencari cara untuk menghasilkan dosis yang lebih terkonsentrasi dan konsisten.

Emergent BioSolutions, sebuah perusahaan biofarmasi di Maryland, sedang mengerjakan cara untuk mengumpulkan plasma dari pasien yang sembuh dan menggunakannya untuk membuat dosis antibodi yang terkonsentrasi. Dengan cara itu, menurut Laura Saward, kepala unit bisnis terapeutik Emergent, para ilmuwan tidak harus memilih donor dengan jumlah antibodi tertinggi, dan dapat menerima plasma dari sejumlah besar pasien yang pulih,

Sachais juga mempertimbangkan cara untuk mengkonsentrasikan antibodi dalam dosis plasma yang lebih kecil. Sementara itu, karena semakin banyak orang menerima unit plasma yang disumbangkan melalui pusat-pusat darah seperti NYBC, dokter akan mencari tahu tentang berapa banyak perlindungan yang disediakan plasma, dan menentukan apakah itu bisa membantu dalam mencegah infeksi pada orang-orang berisiko tinggi seperti petugas kesehatan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)