Piawai Jelaskan Sejarah Ayam Taliwang, Peserta MasterChef Indonesia Season 8 Ini Dipuji Netizen

Minggu, 30 Mei 2021 - 19:50 WIB
loading...
Piawai Jelaskan Sejarah Ayam Taliwang, Peserta MasterChef Indonesia Season 8 Ini Dipuji Netizen
Kontestan MasterChef Indonesia satu ini piawai menjabarkan sejarah di balik sajian ayam taliwang. Foto/IG @masterchefina
A A A
JAKARTA - Salah satu kontestan MasterChef Indonesia Season 8 memiliki cara berbeda dalam menerangkan makanan yang dibuatnya. Tak hanya menerangkan cara memasak, bumbu yang dipakai, serta alasannya memilih masakan itu, kontestan satu ini juga menjabarkan sejarah di balik makanan tersebut.

Memilih memasak ayam taliwang, kontestan laki-laki ini menjelaskan bahwa masakan khas Pulau Lombok itu memiliki sejarah yang panjang. Ayam taliwang , kata dia, merupakan salah satu makanan yang muncul akibat peperangan yang terjadi antara Kerajaan Selaparang Lombok dengan Kerajaan Karangasem Bali.

Baca Juga: Chef Arnold Sebut Kontestan Ini Ikut MasterChef Indonesia karena Dicuci Otak oleh sang Ayah

"Sebenarnya ayam taliwang ini muncul pada saat Kerajaan Selaparang Lombok sedang berperang dengan Kerajaan Karangasem," ujarnya.

Setelah terjadi peperangan, Kerajaan Selaparang berniat untuk meminta bantuan kepada Kerajaan Taliwang guna menjadi juru damai. Saat itu diutuslah juru masak, pengurus kuda, dan tokoh agama. Kemudian, juru masak tersebut memasak ayam taliwang untuk disuguhkan kepada Kerajaan Karangasem Bali.

"Kemudian raja Selaparang ini meminta bantuan ke Kerajaan Taliwang untuk menjadi juru damai. Jadi diutuslah juru damai ini, ada juru masak, pengurus kuda, dan tokoh agama. Juru masaknya kemudian memasak salah satunya ayam taliwang," jelasnya.



Adapun sang juru masak memasak ayam taliwang itu dengan tujuan meluluhkan hati para raja di Karangasem. Kemudian, trik ini jugalah yang digunakan oleh peserta tersebut untuk meluluhkan hati para juri di MasterChef Indonesia Season 8.

"Dan hari ini saya memasak ayam taliwang (tujuannya) juga sama. Saya berusaha bisa meluluhkan hati para chef semua supaya bisa menerima saya di MasterChef ini," katanya.

Melihat adegan tersebut, netizen lalu beramai-ramai menyodorkan komentar. Tak sedikit yang memberikan komentar positif karena kagum akan pengetahuan sejarah si peserta.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1924 seconds (10.101#12.26)