Waspada! Virus Corona Bisa Bertahan di Penis Sebabkan Impotensi

Senin, 07 Juni 2021 - 09:14 WIB
loading...
Waspada! Virus Corona Bisa Bertahan di Penis Sebabkan Impotensi
Waspada! Virus Corona Bisa Bertahan di Penis Sebabkan Impotensi. Foto/Web MD.
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru menemukan bahwa virus corona baru bisa bertahan di penis dan bisa menyebabkan impotensi . Infeksi virus corona baru diketahui bisa merusak pembuluh darah, dan tidak terkecuali pembuluh yang memasok darah ke penis.

Peneliti dengan mikroskop elektron menemukan partikel virus corona dalam sampel jaringan penis yang diambil dari dua mantan pasien COVID-19 yang menjadi impotensi setelah infeksi yang terjadi enam dan delapan bulan sebelumnya.

Studi lebih lanjut mengungkapkan bukti kerusakan pembuluh darah pada penis pasien COVID-19, dibandingkan dengan dua pria lain dengan disfungsi ereksi yang belum pernah terinfeksi. Para peneliti melaporkan 7 Mei di World Journal of Men's Health.

"Kami menemukan bahwa virus mempengaruhi pembuluh darah yang memasok penis, menyebabkan disfungsi ereksi," kata peneliti senior Dr. Ranjith Ramasamy, direktur program urologi reproduksi di Fakultas Kedokteran Miller Universitas Miami.


"Pembuluh darah itu sendiri tidak berfungsi dan tidak mampu menyediakan cukup darah untuk masuk ke penis untuk ereksi," lanjutnya dilansir dari Web MD, Senin (7/6).

Ramasamy membandingkan ini dengan kerusakan organ di paru-paru, ginjal, dan otak yang ditemukan pada pasien COVID-19.

"Kami pikir penis juga bisa terpengaruh dengan cara yang sama. Kami tidak berpikir ini adalah efek sementara. Kami pikir ini bisa permanen," jelas Ramasamy.

Laporan baru berfokus pada dua pasien COVID-19 yang pulih yang menjalani operasi prostesis penis karena disfungsi ereksi mereka. Kedua pria tersebut memiliki fungsi ereksi yang normal sebelum terinfeksi.


Salah satu pria terinfeksi COVID-19 parah dan menghabiskan dua minggu di rumah sakit sebelum pulih, tetapi sebaliknya bebas dari masalah kesehatan kronis. Pria lainnya memiliki kasus COVID-19 yang relatif ringan, tetapi menderita penyumbatan arteri dan tekanan darah tinggi sebelum terinfeksi.

Kedua pria tersebut masih memiliki partikel COVID-19 di jaringan penis mereka, serta bukti disfungsi endotel atau suatu kondisi di mana lapisan pembuluh darah kecil tidak berfungsi dengan baik dan gagal memberikan suplai darah yang memadai ke berbagai bagian tubuh.

Sebagai perbandingan, dua pria bebas COVID-19 yang juga menjalani operasi untuk disfungsi ereksi tidak memiliki bukti kerusakan pembuluh darah kecil yang sama di penis mereka. Masuk akal COVID-19 dapat mempengaruhi pria dengan cara ini, mengingat virus menyebabkan peradangan dan merusak pembuluh darah.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)