Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Ini Tips Prokes Saat di Kantor!

loading...
Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Ini Tips Prokes Saat di Kantor!
Agar terhindar dari paparan Covid-19, tetap jaga prokes saat di kantor. Foto/forbes.com
JAKARTA - Kasus Covid-19 masih memperlihatkan peningkatan. Di DKI Jakarta saja misalnya, per 10 Juni 2021, terjadi ledakan kasus dengan ditemukannya 2.096 orang positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 36 persen atau 760 kasus adalah orang tanpa gejala atau OTG.

Di sisi lain, varian baru Covid-19 terus ditemukan dan beberapa sudah ada di Indonesia. Kasus varian baru di DKI Jakarta saja misalnya, diketahui sudah ada 19 kasus.

Kondisi ini membuat sebagian orang khawatir untuk bekerja di kantor. Tak usah mikir itu, untuk keluar dari rumah saja ada rasa was-was meski Anda sudah yakin menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Tapi, buat Anda yang memang tetap harus bekerja di kantor, tidak 'work from home' (WFH), ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir paparan Covid-19 di tempat kerja. Ini tipsnya:



Baca Juga : Diklaim Sembuhkan Covid-19, Ivermectin Obat untuk Infeksi Cacing

1. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan tempat kerja Anda bersih dan higienis. Jadi, sebelum mulai bekerja, bersihkan dulu area meja kerja dengan disinfektan. Tak hanya itu, keyboard atau area lain yang sering Anda pegang pun wajib dibersihkan.

2. Rajin cuci tangan dengan sabun. Ingat, penyebaran Covid-19 sangat mudah jika tangan Anda kotor terlebih Anda suka pegang-pegang area wajah seperti mata, hidung, atau mulut. Supaya risikonya berkurang, rajin cuci tangan adalah kuncinya.

3. Jangan lepas masker saat di tempat kerja, kecuali di kondisi tertentu misalnya saat makan. Tidak ada salahnya jika Anda menganggap area kantor Anda berisiko, sehingga pikiran untuk mau melepas masker menjadi sangat kecil.

4. Jangan memaksakan diri pergi ke kantor jika kondisi badan tidak fit. Ingat, dengan keadaan yang demikian, itu malah meningkatan risiko Anda terserang penyakit karena sistem imun sedang lemah dan Anda berada di antara banyak orang dan berada di luar rumah.

5. Hati-hati saat memegang tombol lift atau handle pintu di kantor. Uapayakan untuk tidak memegang tombol lift secara langsung atau jika terpaksa memegang, cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer setelahnya.



Baca Juga : Hong Kong Akan Mulai Vaksinasi Covid-19 Anak di Atas Usia 12 Tahun

6. Hindari makan bersama di kantor.Saat makan bersama memungkinkan Anda membuka masker bersama-sama dan ini meningkatkan risiko paparan Covid-19.

7. Setidaknya dua jam sekali usahakan untuk keluar dari ruangan kantor untuk menghirup udara segar. Sebab, terlalu lama di ruangan yang tertutup bersama-sama juga meningkatkan risiko terpapar Covid-19. Kalau jendela kantor bisa dibuka, ada baiknya dibuka, supaya sirkulasi udara berjalan dengan baik.
(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top