Berbagai Masjid Unik di Tanah Air yang Pas buat Wisata Religi

Minggu, 13 Juni 2021 - 05:37 WIB
loading...
A A A
Masih berada di Pulau Sumatera, namun sedikit bergeser ke wilayah Padang, Sumatera Barat. Adalah Masjid Raya Provinsi Sumatera Barat yang harus kamu kunjungi untuk dapat melihat bangunan masjid yang memiliki arsitektur unik.

Tidak seperti kebanyakan masjid pada umumnya, Masjid Raya Sumatera Barat tidak memiliki kubah, melainkan beratap rumah khas Minangkabau dengan eksterior atapnya berupa kain songket dan kaligrafi. Sangat unik dan memiliki corak khas Padang.

Adapun bangunan atap masjid tersebut dibuat demikian dilandasi pepatah adat masyarakat Sumatera Barat yang berasal dari kebudayaan minang yaitu ‘adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah’, yang memiliki arti adat bersendikan kepada agama dan agama bersendikan Kitabullah atau Al-Qur’an. Sebuah akulturasi budaya yang menakjubkan.

3. Masjid Al-Irsyad, Bandung

Merupakan salah satu masjid dengan arsitektur terunik di Indonesia. Bagaimana tidak, bangunan masjid ini memiliki sentuhan arsitektur yang sangat modern bahkan futuristik yang telah menyabet beberapa penghargaan bergengsi tingkat dunia.

Desain masjid ini pada dasarnya dirancang mirip Ka'bah sehingga bangunannya dari luar tampak berbentuk persegi. Warna dasarnya abu-abu dengan penataan batu bata yang disusun berbentuk lubang.

Masjid Al-Irsyad ini tidak memiliki tiang atau pilar di tengah yang biasa digunakan untuk menopang kubah masjid, sehingga masjid ini terasa begitu luas dari dalam. Di potret dari dalam ataupun luar, masjid yang diarsiteki oleh Ridwan Kamil ini menjanjikan spot foto yang Instagramable.

4. Masjid Terapung, Makassar

Masjid ini sesungguhnya memiliki nama asli yaitu Masjid Amirul Mukminin. Nama 'Masjid Terapung' adalah julukan yang diberikan warga Makassar karena bangunannya yang berada di lepas pantai, tepatnya di timur laut Pantai Losari, sehingga tampak Masjid yang terapung di atas laut.

Untuk bangunannya memiliki warna dominan putih berpadu abu-abu, terkesan hangat dan nyaman. Adapun angin laut yang bebas keluar masuk didalam masjid memberikan sensasi tersendiri yang tak dapat ditemukan di masjid lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)