3 Jenis Vitamin yang Dapat Memperbaiki Mood Anda

Jum'at, 18 Juni 2021 - 01:29 WIB
loading...
3 Jenis Vitamin yang Dapat Memperbaiki Mood Anda
Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi makanan dan minuman bergizi adalah hal yang penting bagi kesehatan serta kelangsungan hidup manusia. Sebagian orang yang kekurangan gizi, seperti asupan nutrisi yang tak cukup, akan membuat mood menjadi tak baik dan memengaruhi tingkat kecemasan.

Melansir laman Times Now News, Kamis (17/6), asupan makanan yang rendah dan kekurangan mikronutrien seperti vitamin D, vitamin B12, hingga asam lemak Omega-3 dikaitkan dengan penurunan fungsi kualitas hidup.



“Orang tidak menyadari pentingnya nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin D, B12, karbohidrat, protein, magnesium, seng, zat besi, folat, dan selenium dalam makanan sehari-hari. Tes rutin untuk nutrisi semacam itu untuk mendiagnosis kekurangan nutrisi akan membantu mempertahankan gaya hidup sehat," kata Dr. Sanjay Ingle, Ahli Patologi asal India.

Oleh karenanya, nutrisi yang baik membantu memproduksi bahan kimia di otak, yang diperlukan untuk mengatur suasana hati dan perilaku kita dengan benar. Berikut tiga nutrisi yang wajib dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati.

1. Vitamin B12

Asupan vitamin B12 yang cukup membantu menjaga kesehatan fungsi otak, jaringan saraf, dan produksi sel darah merah. Anda bisa mengembangkan masalah mental jika memiliki kadar B12 yang sangat rendah, dan secara alami ditemukan pada daging, ikan, serta produk susu.

Orang yang tidak makan daging, seperti vegan, bisa mendapatkan vitamin B12 dalam bentuk suplemen. Juga, beberapa jenis sereal sarapan dan susu diperkaya dengan B12.

2. Vitamin D

Vitamin D diperlukan untuk produksi neurotransmitter. Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan sejumlah gejala kesehatan mental lain. Vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tubuh Anda menghasilkan vitamin D sebagai respons terhadap paparan sinar matahari. Selain itu, juga dapat meningkatkan asupan melalui makanan atau suplemen tertentu seperti kuning telur, ikan berlemak, keju, sereal, dan jus.



3. Asam Lemak Omega-3

Disebut juga lemak omega-3 dan lemak n-3, asam lemak omega-3 menawarkan banyak manfaat bagi otak ataupun tubuh Anda. Zat ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, melawan peradangan, dan penyakit autoimun.

Hal itu mendukung fungsi otak yang sehat. Tingkat rendah dari jenis lemak ini dapat menyebabkan suasana hati yang tidak stabil, depresi, kecemasan, fokus yang buruk, dan kurang perhatian. Ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan mackerel merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat baik. Sumber makanan lain di antaranya kacang-kacangan, biji-bijian, dan tiram.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2468 seconds (0.1#10.140)