Tips untuk Dukung Anak dengan Karakter Pemalu

Jum'at, 18 Juni 2021 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Alih-alih langsung menyebut pemalu di depan orang lain, tapi orangtua harus menjelaskan kepada orang lain jika anaknya memang butuh waktu untuk bisa menyatu dan terbuka pada orang lain. Dengan cara ini, seharusnya sudah cukup ideal untuk juga menjadi pengingat orang lain agar tak melabeli anak Anda dengan sebutan anak pemalu.

3. Beri Anak Kesempatan untuk Berlatih Bersosialisasi

Bagian yang dikontrol benar-benar kuncinya di sini. Penting bagi orangtua untuk tidak mendorong dan memaksa anak-anak pemalu ke dalam situasi sosial yang berlebihan atau momen baru di mana mereka merasa sangat tidak nyaman. Tetapi, penting pula untuk memberi anak-anak banyak kesempatan guna mempraktikkan bagaimana rasanya mencoba hal-hal baru dan bertemu orang-orang baru.

4. Bertanya pada Anak

Penting untuk memberi anak kesempatan berbicara tentang apa yang mereka rasakan saat menghadapi dunia dan menjelajahi situasi baru. Koraly Perez-Edgar menyarankan, orangtua bisa tanyakan kepada anak tentang bagaimana harinya, apa yang ia sedang pikirkan hari ini, bagaimana perasaannya di sekolah.

Itu akan membantu orangtua memahami apakah rasa malu anak sudah mengganggu atau apakah anak merasa tak nyaman tanpa label apa pun dari orangtua. Ini tentang bagaimana membiarkan anak memberi tahu orangtuanya sampai mana batasan mereka dan orangtua bisa menghargai batasan tersebut.



5. Tahu Kapan Minta Pertolongan

Jika Anda memperhatikan bahwa rasa malu anak sudah tampak ekstrem, contohnya mengamuk setiap kali diantar ke sekolah atau anak mengalami kesulitan berteman dan tampaknya situasi tak akan segera membaik, maka jangan buang waktu. Ada baiknya untuk memeriksakan anak ke dokter anak atau ahli kesehatan mental profesional.

“Yang harus dikhawatirkan adalah anak yang tidak pernah terbuka, tidak pernah bahagia masuk ke dalam berbagai situasi, dan anak yang tak bisa mendapatkan teman,” kata Koraly.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)