Covid-19 di Indonesia Melonjak Picu Depresi, Ini Saran Psikolog

loading...
Covid-19 di Indonesia Melonjak Picu Depresi, Ini Saran Psikolog
Covid-19 di Indonesia Melonjak Picu Depresi, Ini Saran Psikolog. Foto/SINDOnews.
JAKARTA - Kasus Covid-19 terus melonjak pesat. Kondisi ini menyebabkan rasa khawatir banyak orang hingga bisa menyebabkan depresi lantaran kondisi yang tak menentu.

Perubahan pola hidup yang pastinya bisa memicu stres datang, yang mana jika tak dikelola dengan baik maka bisa begitu berdampak buruk pada kesehatan mental. Lalu apa yang bisa dilakukan jika merasa depresi karena situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini?

Dijelaskan oleh psikolog klinis Zarra Dwi Monica, M.Psi., salah satu cara mengatasinya pertama yakni dengan berusaha menenangkan diri dengan teknik pernapasan dan mind control.

“Tarik napas sejenak dan coba fokus pada apa yang bisa kita kontrol, alih-alih mencemaskan yang nggak bisa kita kontrol. Misalnya coba adaptasi dengan rutinitas stay at home ini dengan melakukan aktivitas menyenangkan di rumah, membangun kedekatan dan koneksi dengan keluarga," ujar Zarra saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (19/6).



Baca Juga : Banyak Balita Terinfeksi Covid-19, Orang Tua Diimbau Lakukan Pencegahan

"Jadi keinginan untuk berkegiatan di luar rumah dapat diminimalisir kalau tidak terlalu penting,” sambungnya.

Cara kedua yakni dengan belajar melepaskan, merelakan hal-hal di luar kontrol alias sesuatu yang memang tidak bisa dikontrol.

“Untuk hal-hal yang tidak bisa dikontrol, kita coba untuk lepaskan, alias let go. Ingat, yang nggak bisa dikontrol itu hanya akan membuat cemas kalau kita pikirkan, sementara mau dicemaskan tiap detik pun, tetap hal-hal itu di luar kontrol kita,” kataZarra.

Terakhir, Zarra menyarankan untuk sembari tetap disiplin mematuhi sederet protokol kesehatan dan menjalankan pola hidup bersih serta sehat.

Baca Juga : Covid-19 di Indonesia Mengganas, Dokter Sarankan Tekan Kasus dengan 5 Hal Ini
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top