Mandi Air Panas Bakar 240 Kalori, Setara Jalan Cepat 30 Menit

Senin, 21 Juni 2021 - 13:36 WIB
loading...
Mandi Air Panas Bakar 240 Kalori, Setara Jalan Cepat 30 Menit
Mandi Air Panas Bakar 240 Kalori, Setara Jalan Cepat 30 Menit. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menemukan bahwa mandi air panas bisa membakar hingga 240 kalori. Ini setara dengan jalan cepat selama 30 menit sehingga dapat membantu menurunkan berat badan .

"Sekelompok dari kami diminta untuk berbaring di bak mandi air panas selama satu jam, dilengkapi dengan peralatan untuk mengukur berapa banyak kalori yang kami bakar," jelas Dr Mosley dari Universitas Loughborough.

Selama sesi mandi, Dr Mosley membakar 240 kalori. "Salah satu hal pertama yang kami lihat adalah pengeluaran energi saat Anda mandi," kata ahli fisiologi olahraga Steve Faulkner dari Loughborough University.

Dilansir dari Express, Senin (21/6) Faulkner mengungkapkan bahwa peningkatan 80% dalam pengeluaran energi terjadi hanya dengan duduk di bak mandi selama 1 jam.


Faulkner mengaitkan efeknya dengan protein kejutan panas yakni protein spesifik yang dibuat ketika sel terkena suhu di atas suhu pertumbuhan normalnya secara singkat.

Dalam jangka panjang, peningkatan kadar protein ini dapat membantu fungsi insulin dan meningkatkan kontrol gula darah. Ini penting karena tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula untuk energi.

Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu. Yang sangat mengejutkan adalah mandi air panas juga mengurangi respons gula darah untuk makan.

"Itu bagus, karena gula darah tinggi yang terus-menerus merusak arteri dan saraf. Temuan ini penting karena manajemen gula darah yang buruk merupakan awal dari diabetes," tutup Dr Mosley.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2958 seconds (0.1#10.140)