Ondel-Ondel, Bukan Sekadar Boneka Besar khas Betawi

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:02 WIB
loading...
Ondel-Ondel, Bukan Sekadar Boneka Besar khas Betawi
Jakarta tak lepas dari kekayaan budaya Betawi yang kental hingga saat ini, salah satunya yang ikonik dari budaya ini adalah kesenian ondel-ondel. / Foto: SINDOphoto/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Hari ulang tahun (HUT) Jakarta ke-494 jatuh pada Selasa, (22/6/2021). Bicara tentang Jakarta, tak lepas dari kekayaan budaya Betawi yang kental hingga saat ini. Salah satunya yang ikonik dari budaya ini adalah kesenian ondel-ondel.

Baca juga: Film Animasi Nussa Disebut Promosikan Taliban, sang Kreator Semprot Pegiat Media Sosial Eko Kuntadhi

Siapa yang tidak tahu ondel-ondel? Dalam budaya Betawi , ondel-ondel merupakan bentuk pertunjukan yang kerap tampil di pesta-pesta rakyat, termasuk HUT Kota Jakarta. Ondel-ondel sendiri, adalah boneka besar setingginya sekitar 2,5 meter.

Ondel-ondel biasanya dibuat dari anyaman bambu dan topeng. Mengutip dari situs resmi Setu Babakan, rupanya ondel-ondel dikenal juga sebagai penolak bala atau kesialan.

Nah, berdasarkan data yang dihimpun Litbang MNC Portal Indonesia, ondel-ondel ada dua jenis berdasarkan jenis kelamin yakni laki-laki dan perempuan. Berikut informasi lengkapnya, seperti dirangkum pada Senin (21/6).

1. Ondel-Ondel Perempuan

Di urutan pertama ini ada jenis ondel-ondel perempuan. Ondel-ondel ini dibuat berwarna putih, yang menandakan kebaikan dan kesucian. Warna ondel-ondel perempuan, biasanya didominasi warna putih dan cerah karena melambangkan sifat keibuan yang lembut.

Ondel-ondel perempuan juga biasanya bermata hitam sayu, alis hitam melengkung, bulu mata lentik, bibir merah, telinga bergiwang atau beranting dan menggunakan mahkota. Sementara itu, pakaian yang digunakan cenderung berwarna cerah polos atau bermotif kembang-kembang.

2. Ondel-Ondel Laki-Laki

Selanjutnya, ondel-ondel dengan jenis laki-laki. Berbeda dengan yang perempuan, ondel-ondel ini dibuat berwarna merah yang menandakan semangat dan keberanian. Ondel-ondel ini menggunakan baju adat dengan warna gelap.

Baca juga: Tak Terima Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Rian d'Masiv Tempuh Jalur Hukum

Warna dominan dari ondel-ondel ini memang adalah warna gelap. Hal tersebut senada dengan tujuan awal dibuatnya ondel-ondel, yaitu sebagai pengusir roh jahat.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)