Gelar Workshop untuk Siapkan Generasi Masa Depan yang Kompetitif

Selasa, 22 Juni 2021 - 05:06 WIB
loading...
Gelar Workshop untuk Siapkan Generasi Masa Depan yang Kompetitif
Selain keterampilan kejuruan, kemampuan berkomunikasi dengan bahasa internasional juga merupakan salah satu prioritas utama. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Dinamika dunia kerja global merupakan salah satu faktor penting yang harus diantisipasi oleh dunia pendidikan di Indonesia. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai institusi pendidikan formal yang bertugas menyiapkan generasi masa depan Indonesia yang kompetitif pun disiapkan agar lulusannya mampu bersaing di dunia kerja global.

Baca juga: Tips Cegah Pelecehan Seksual, Penting untuk Diketahui!

Selain keterampilan kejuruan dari siswa SMK , kemampuan berkomunikasi dengan bahasa internasional juga merupakan salah satu prioritas utama dari Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam upaya mendorong mutu dan daya saing lulusan SMK di dunia kerja global.

Program peningkatan kompetensi bahasa asing yang di antaranya melalui bantuan ujian sertifikasi internasional kemampuan berbahasa Inggris dengan TOEIC (Test Of English for International Communication) bagi siswa SMK telah terbukti memberikan dorongan terhadap motivasi peningkatan mutu Pendidikan Bahasa Inggris di SMK. Partisipasi yang tinggi dari SMK setiap tahun menunjukkan adanya peningkatan kesadaran di SMK akan pentingnya Bahasa Inggris dan sertifikasi yang diakui secara internasional bagi lulusan SMK.

Peningkatan mutu pendidikan Bahasa Inggris di SMK tentunya tidak luput dari peran positif para guru Bahasa Inggris di SMK. Peningkatan mutu dan kompetensi guru merupakan upaya strategis yang perlu didukung oleh seluruh stakeholder pendidikan di Indonesia. Di antara contohnya adalah upaya-upaya yang senantiasa dilakukan oleh International Test Center (ITC), salah satu social enterpreneur di Indonesia yang secara konsisten berkomitmen dalam meningkatkan mutu dan daya saing SDM di Indonesia.

"Kemajuan SDM Indonesia di dunia global tidak mungkin terjadi tanpa upaya peningkatan mutu para tenaga pendidiknya. Oleh karenanya, kami akan bekerjasama dengan setiap stake holder yang ada untuk berkontribusi secara nyata dalam mendorong peningkatan mutu tenaga pendidik, khususnya para guru Bahasa Inggris. Karena kami yakin, salah satu kunci penting daya saing tenaga kerja adalah kemampuan berkomunikasi secara internasional, khususnya Bahasa Inggris," papar Jenny Lee, Chief Operating Officer ITC dalam keterangan resminya, Selasa (22/6).

Di antara program-program yang dilakukan ITC bagi dunia pendidikan di Indonesia, pada 2021 ITC bekerjasama dengan Educational Testing Service (ETS) akan menyelenggarakan pelatihan berstandar internasional bagi para guru Bahasa Inggris SMK di Indonesia.

"Dimulai pada Juni tahun ini, kami memberikan kesempatan kepada 1.000 tenaga pendidik Bahasa Inggris untuk memperoleh pelatihan berstandar internasional dengan program 'The Propell Workshops for the TOEIC'. Seluruh biaya akan ditanggung ITC dan ETS sebagai salah satu bentuk dedikasi kami bagi dunia Pendidikan di Indonesia dan rekan kami, Direktorat SMK yang juga secara konsisten menunjukan komitmen nyata untuk mendorong daya saing lulusan SMK dengan sertifikasi Bahasa Inggris berstandar internasional, yaitu TOEIC," jelas Jenny Lee.

Baca juga: Salurkan Bakat Bernyanyi Melalui Kompetisi Cover Song Melalui Show Me Your Voice di RCTI+

Pada kesempatan yang sama, Corporate Communication Manager ITC, Yeni Widiyasari mengutarakan, kegiatan workshops itu terbuka bagi seluruh guru SMK di Indonesia yang pendaftarannya bisa langsung cek di itc-indonesia.com. "Pelaksanaannya sendiri akan berlangsung sebanyak 10 gelombang mulai Juni hingga Agustus 2021," tukasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)