Kolesterol Tinggi, 3 Gejala pada Tangan, Kulit dan Mata

Kamis, 24 Juni 2021 - 07:24 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi, 3 Gejala pada Tangan, Kulit dan Mata
Kolesterol Tinggi, 3 Gejala pada Tangan, Kulit dan Mata. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi dapat dilihat dari tangan, kulit dan mata. Tubuh luar seseorang dapat menyimpan banyak petunjuk tentang kesehatan dan risikonya termasuk tanda-tanda peringatan kolesterol tinggi.

Ketika ada akumulasi plak (endapan lemak) itu menyumbat arteri, yang disebut aterosklerosis. Deposit ini terdiri dari kolesterol , zat lemak, produk limbah seluler, kalsium dan fibrin.

Kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh dapat menyumbat pembuluh darah di tangan. Penumpukan kolesterol ini bisa terjadi terus menerus dan membuat tangan terasa nyeri.


Jika melihat pertumbuhan oranye kekuningan pada kulit, Anda memiliki timbunan kolesterol di bawah kulit. Endapan tanpa rasa sakit ini dapat muncul di banyak area, termasuk sudut mata, garis di telapak tangan, atau bagian belakang kaki bagian bawah.

Dilansir dari Express, Kamis (24/6) jika melihat pertumbuhan ini di area kulit, segera temui dokter.

Salah satu tanda kolesterol tinggi adalah cincin kebiruan yang terbentuk di dekat bagian luar kornea, bagian depan mata yang jernih. Disebut arcus senilis, kondisi ini muncul seiring bertambahnya usia karena lebih banyak kolesterol yang disimpan ke dalam kornea.


Arcus senilis umumnya tidak berbahaya, meskipun terkadang bisa menjadi tanda kolesterol tinggi pada orang di bawah usia 45 tahun.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)