Menyeka Ponsel Cara Baru Tes Covid-19, Sama Akuratnya dengan Swab

Jum'at, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB
loading...
Menyeka Ponsel Cara Baru Tes Covid-19, Sama Akuratnya dengan Swab
Menyeka Ponsel Cara Baru Tes Covid-19, Sama Akuratnya dengan Swab. Foto/Daily Mail.
A A A
JAKARTA - Menyeka ponsel menjadi cara baru tes Covid-19 . Ilmuwan University College London mengatakan cara ini sama akuratnya dan bisa menghilangkan kebutuhan akan tes swab yang tidak nyaman.

Mereka menemukan bahwa pasien yang terinfeksi menghembuskan cukup banyak virus ke layar ponsel mereka untuk memberikan diagnosis yang akurat antara 81 hingga 100%.

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (25/6) tetapi metode menyeka ponsel memerlukan sampel untuk dianalisis di laboratorium, dengan cara yang sama seperti tes PCR standar emas saat ini.

Tim mengatakan, metode menyeka ponsel hanya membutuhkan waktu 6 jam untuk mendapatkan hasil dan menghasilkan lebih sedikit positif palsu daripada PCR yang membutuhkan 24 jam.


Dr Rodrigo Young, penulis utama studi ini mengatakan bahwa menyeka ponsel dapat menjadi akhir dari penggunaan tes swab. Swab hidung dan pengujian laboratorium tetap menjadi standar emas untuk mendeteksi Covid-19.

"Tetapi metode (menyeka telepon) ini dapat digunakan untuk pengujian massal dan menghentikan penularan tanpa gejala ketika orang tidak tahu bahwa mereka telah terinfeksi," kata Dr Rodrigo.

Sampel diambil langsung dari permukaan dan pelindung ponsel dan dikirim ke laboratorium untuk pengujian. Sesampai di sana, tes mengikuti prosedur yang sama seperti tes PCR biasa untuk menentukan apakah seseorang telah tertular Covid-19 atau tidak.


Tes Phone Screen Testing (PoST) diproduksi oleh startup Diagnosis Biotech, yang berbasis di Chili. Cara ini telah digunakan di sekolah dan kantor di negara Amerika Selatan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)