Covid-19 Varian Delta Dapat Menular 5-10 Detik, Waspada!

Sabtu, 26 Juni 2021 - 17:30 WIB
loading...
Covid-19 Varian Delta Dapat Menular 5-10 Detik, Waspada!
Covid-19 Varian Delta Dapat Menular 5-10 Detik, Waspada! Foto/The Connexion.
A A A
JAKARTA - Hanya butuh beberapa detik bagi seseorang untuk terinfeksi Covid-19 varian Delta . Di mana varian ini diketahui dapat menular hanya dalam waktu singkat yaitu lima sampai 10 detik.

Pejabat kesehatan Australia memperingatkan tidak lagi membutuhkan waktu hingga 15 menit untuk menularkan virus mematikan itu.

Varian Delta terdeteksi di Victoria setelah dimulainya lockdown , dan merupakan varian dalam wabah New South Wales. Para ahli mengatakan varian Delta tampaknya lebih menular di semua kelompok umur, termasuk anak-anak.

Varian ini menyebar dengan sangat mudah sehingga seseorang di Sydney menginfeksi orang asing hanya dengan berjalan melewati mereka.

Dilansir dari ABC, Sabtu (26/6) Kepala Petugas Kesehatan NSW Kerry Chant menggambarkan insiden Bondi Junction sebagai pertemuan yang sangat singkat.


"Mereka jelas saling berhadapan tetapi secara harfiah seseorang bergerak saling berhadapan untuk sesaat, dekat, tetapi sesaat," kata Chant. Chant mencurigai dua orang lainnya terinfeksi Covid-19 dengan cara yang sama.

"Kami belum dapat melihat titik persimpangan yang sama persis (dalam dua kasus itu), tetapi kami tahu mereka berjarak 20 meter, masuk di tempat yang berbeda pada waktu yang sama atau di area itu, jadi kami menduga mereka menyeberang," jelas Dr Chant.

Ahli virologi Universitas Griffith Lara Herrero mengungkapkan dalam kasus yang terekam di CCTV, virus itu akan bertahan di udara cukup lama sehingga orang bisa menghirupnya dan terinfeksi.

"Tetapi data sejauh ini menunjukkan mungkin jika itu adalah strain asli, strain Wuhan, itu tidak akan menular secepat itu dan (strain) Alpha akan memiliki peluang yang lebih kecil, tetapi Delta jelas terlihat seperti strain yang paling menular sejauh ini," ungkap Herrero.

Kecepatan dan kemudahan penyebaran varian Delta telah mendorong negara bagian dan teritori untuk bertindak cepat untuk menutup pelancong dari daerah yang terkena dampak.


"Jika Anda ingat pada awal pandemi ini, saya berbicara tentang kontak dekat selama 15 menit yang menjadi perhatian. Sekarang, sepertinya lima sampai 10 detik. Risikonya jauh lebih tinggi sekarang daripada setahun yang lalu," imbuh Kepala Petugas Kesehatan Queensland Jeannette.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)