Moeldoko Dukung Penuh Penggunaan Ivermectin untuk Sembuhkan Covid-19

Senin, 28 Juni 2021 - 13:20 WIB
loading...
Moeldoko Dukung Penuh Penggunaan Ivermectin untuk Sembuhkan Covid-19
Ivermectin. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Efektivitas ivermectin dalam mengobati pasien Covid-19 tengah menjadi pembicaraan hangat sejak beberapa waktu lalu. Obat antiparasit yang dikhususkan untuk mengobati cacingan ini dinilai ampuh untuk mengobati pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. Meski demikian, khasiat dan keamanan ivermectin ini masih dalam penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya dalam melawan virus SARS-CoV-2.

Menjawab rasa penasaran masyarakat, Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Mantan Jendral TNI, Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, mengatakan saat ini sudah ada laporan sementara di lapangan atas hasil distribusi yang dilakukan di HKTI di berbagai daerah mengenai penggunaan ivermectin dalam menangani Covid-19.

“Tangerang, Jakarta Timur, Depok, Bekasi, menghasilkan kemanjuran yang hampir di seluruh daerah mendekati 100 persen untuk menurunkan Covid-19. Di Semarang Timur, kasus Covid-19 sebanyak 40 orang, semuanya bisa diselesaikan. Sragen juga sama, sebanyak 25 orang. Di Kudus 13 orang, semuanya bisa diselamatkan,” ujar Moeldoko, dalam sesi Virtual Press Conference, Senin (28/6/2021).

Baca Juga : Vitamin D Tak Harus Didapatkan Melalui Suplemen, Ini Cara Mudah untuk Mendapatkannya!

Melihat data-data tersebut, HKTI cukup optimis bahwa ivermectin bisa menjadi salah satu solusi obat yang efektif untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Selain itu HKTI pun telah melakukan pengkajian dari penelitian dan rekomendasi dengan berbagai dokter di luar negeri yang telah merekomendasikan ivermectin di negaranya.

“Kedepannya HKTI akan terus berkomitmen melayani kebutuhan masyarakat, antara lain merencanakan tindakan strategis melalui kegiatan pembagian ivermectin kepada seluruh anggota HKTI di berbagai daerah khususnya di zona hitam dan zona merah,” sambungnya.

Meski demikian, Moeldoko juga menekankan sikap kehati-hatian dan kritis terhadap masyarakat yang menggunakan ivermectin sebagai terapi pengobatan Covid-19. Sebab penggunaan obat baru adalah suatu hal yang penting.

“Saya berharap seluruh elemen pemerintah dan seluruh masyarakat, mari kita bersama-sama dapat bergerak cepat dan tepat di masa pandemi Covid-19,” tuntasnya.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Ini 12 Cara Cegah Agar Tak Tertular!
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)