Tips Aman Antar Pasien Covid-19 ke Rumah Sakit

Kamis, 01 Juli 2021 - 11:48 WIB
loading...
Tips Aman Antar Pasien Covid-19 ke Rumah Sakit
Menjadi kekhawatiran banyak orang saat membawa keluar pasien Covid-19 dari rumah, ada perasaan takut virus dari si pasien menyebar ke banyak orang di sekitar. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penanganan pasien Covid-19 di rumah tak bisa sembarang, apalagi jika gejala memburuk. Kalau sudah begitu, pasien mesti dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pengobatan lebih intens.

Baca juga: Apabila Anak Terinfeksi Covid-19, Anda Wajib Lakukan 9 Hal Ini

Menjadi kekhawatiran banyak orang adalah saat membawa keluar pasien Covid-19 dari rumah, ada perasaan takut virus yang ada di tubuh si pasien bisa menyebar ke banyak orang di sekitarnya. Di sisi lain, Anda sebagai anggota keluarga tetap harus membawanya ke rumah sakit.

Untuk itu, Dokter E. Nugroho dalam penjelasan di kanal Youtube-nya coba menerangkan beberapa hal yang harus diperhatikan saat membawa pasien Covid-19 ke rumah sakit yang aman dan meminimalisir penyebaran virus karena tindakan tersebut.

"(Kasus) Covid-19 sudah banyak sekarang ini. Suatu hari Anda mungkin sekali terpaksa akan mengantar saudara atau teman ke rumah sakit atau ke laboratorium. Bagaimana Anda tidak tertular?" katanya di awal video yang sudah disaksikan puluhan ribu pengguna media sosial.

Berikut ini beberapa tips aman mengantar pasien Covid-19 ke rumah sakit:

1. Jangan naik bus atau mikrolet yang banyak orang atau penuh

"Kita bisa nulari banyak orang (kalau nekat ke rs antar pasien Covid-19 naik transportasi umum yang penuh)," ujarnya.

2. Naik sepeda motor

Di video, dr E. Nugroho memperlihatkan driver ojek online yang menggunakan partisi bening untuk memberikan batasan antara penumpang dengan pengemudi. Jarak duduknya juga usahakan tidak terlalu dekat, ya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2458 seconds (10.177#12.26)