Cara Lihat dan Unduh Sertifikat Vaksin COVID-19

Jum'at, 02 Juli 2021 - 04:34 WIB
loading...
Cara Lihat dan Unduh Sertifikat Vaksin COVID-19
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sertifikat vaksin COVID-19 akan diterima oleh siapa pun yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama maupun kedua. Ini sebagai bukti bahwa Anda secara resmi mendapatkan vaksin dalam program pemerintah . Cara lihat dan mengunduhnya gampang.

Sertifikat vaksin COVID-19 sangat diwanti-wanti oleh pemerintah untuk tidak disebarkan di media sosial karena sifat kerahasiaannya. Selain itu, dengan tidak mengunggahnya di media sosial, itu juga cara Anda meminimalisir dari tindakan kejahatan maupun penipuan.



Kenapa bisa begitu? Karena di sertifikat tersebut tertera nama lengkap Anda, nomor induk kependudukan, serta ID sertifikat yang sepatutnya tidak diketahui orang lain.

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara melihat dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19? Caranya sangat mudah.

1. Jadi, setelah data Anda terekam di lokasi vaksinasi dan dipastikan vaksin sudah diberikan, nomor ponsel yang disertakan akan menerima pesan dari 1199.

2. Pesan itu berisi dua informasi, pertama mengenai data Anda sudah masuk ke daftar vaksinasi pemerintah dan tertera juga lokasi di mana Anda mendapat vaksin. Lalu, pesan kedua adalah mengenai sertifikat vaksin COVID-19 yang dapat diunduh secara digital.

3. Ya, di pesan kedua, Anda akan menerima link yang menghubungkan Anda ke sertifikat vaksin COVID-19 digital yang terdaftar secara resmi di PeduliLindungi.

4. Untuk mempermudah, pesan tersebut meminta agar Anda mengunduh aplikasi bernama 'PeduliLindungi' yang terdapat di PlayStore maupun AppStore.

Sementara itu, jika Anda mau melihat status vaksinasi COVID-19 melalui website PeduliLindungi, itu pun cukup mudah caranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)