Diterpa Corona, Usaha di Surabaya ini Justru Tambah Karyawan

Senin, 20 April 2020 - 18:33 WIB
loading...
A A A
"Biasanya pesanan melalui GrabExpress cuma tiga kali sehari, tetapi sekarang jadi bisa hampir setiap jam. Banyak pelanggan yang tidak mau keluar rumah untuk membeli barang-barang, obat atau vitamin sehingga banyak yang menggunakan GrabExpress untuk membeli dan mengirim," kata Ratno.

Kala banyak usaha kecil mengurangi pegawainya, Ratno justru menambah tenaga kerja lepas di apoteknya karena pegawai yang ada lumayan kewalahan dalam mengurusi pesanan yang masuk. Ratno merasa senang dan bersyukur bahwa ia masih bisa mempekerjakan karyawannya selama pandemi ini walaupun sekarang merupakan masa yang cukup sulit untuk para UKM.

"Saya punya pendirian bahwa sebaik-baiknya manusia, adalah manusia yang bermanfaat bagi orang banyak dimana salah satunya saya wujudkan dengan menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang sekitar saya," jelas Ratno.

Selain GrabExpress Nalangin, Ratno mengaku juga terbantu dengan fitur GrabExpress lainnya, termasuk Layanan GrabExpress Car yang akan mengalokasikan armada GrabCar untuk mengirimkan barang. Pelanggan dapat mengirimkan barang hingga 150kg dan juga dilindungi oleh asuransi.

Kirim ke Banyak Tujuan dan Banyak Pemesanan Sekaligus, dimana ia bisa mengirimkan hingga ke 5 alamat dalam 1 pesanan dan memesan hingga 10 mitra pengemudi dalam waktu yang bersamaan. Fitur ini menurutnya membantunya untuk dapat menghemat waktu dan mengirimkan pesanan dengan lebih cepat.

Fitur Bukti Pengiriman dan Pelacakan Langsung membantunya menjaga kepercayaan pelanggan karena ia dapat memantau proses pengiriman dengan masuk ke tautan yang otomatis akan dikirimkan ke aplikasi Grab pada saat proses pengantaran. Selain itu, Ratno juga mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil oleh kurir pada saat pengambilan dan pengiriman barang.

"Teknologi GrabExpress membantu social sellers seperti saya untuk dapat menjalankan usaha dengan optimal. Saat masyarakat Surabaya mengandalkan saya untuk mendapatkan kebutuhan kesehatan, teknologi memampukan saya melayani mereka dengan lebih cepat, aman dan baik," paparnya.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menjelaskan, bahwa Grab berkomitmen untuk terus membawa dampak positif dari teknologi bagi masyarakat di Surabaya. Di masa yang sulit seperti saat ini, Grab sadar bahwa berhenti berusaha bukalah jawaban.

"Oleh karena itu saya sangat kagum melihat semangat yang dimiliki oleh para pegiat UMKM di Surabaya yang terus melanjutkan bisnisnya. Bukan hanya untuk mereka sendiri, tapi juga untuk orang lain. Dengan semangat tersebut pula, kita bisa beradaptasi dengan situasi ini dan menjaga roda perekonomian Surabaya terus berputar agar bisa mengembalikan kestabilan ekonomi nantinya setelah pandemi ini berlalu," katanya.

Grab, lanjutnya, juga berterima kasih kepada seluruh mitra pengantaran GrabExpress yang masih berjuang di garda terdepan untuk membantu para pegiat UMKM di Surabaya supaya dapat terus menjalankan bisnis mereka. "Mari kita bekerja sama untuk melawan pandemi Covid-19 ini serta selalu jaga kesehatan dan keamanan bersama!," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6135 seconds (0.1#10.140)