Gaet Generasi Muda, Swellcast Hadirkan Guru-Guru Clothing Tanah Air

Selasa, 06 Juli 2021 - 22:20 WIB
loading...
Gaet Generasi Muda, Swellcast Hadirkan Guru-Guru Clothing Tanah Air
Dalam sejarahnya, dunia clothing modern di Indonesia banyak mengalami perkembangan signifikan pada awal 2000-an. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Dalam sejarahnya, dunia clothing modern di Indonesia banyak mengalami perkembangan signifikan pada awal 2000-an. Hal itu tak lain karena perkembangan industri clothing didukung majunya musik, desain, dan budaya kreatif lainnya di awal tahun 2000-an.

Baca juga: Selama Masa PPKM Darurat di AladinMall, Harga Promo Loh!

Swell Extended Fam merupakan sebuah wadah dan media yang mendokumentasikan perkembangan Clothing dan Youth Culture di Indonesia yang digawangi Danan DNA. Dengan adanya dokumentasi ini, maka diharapkan generasi berikutnya bisa belajar tentang kondisi perkembangan clothing sebelumnya.

Selain itu, generasi lama bisa memahami perubahan zaman yang membuat mereka bisa mempersiapkan perubahan untuk memahami generasi baru yang mempunyai budaya kreatif yang berbeda.

Dengan pengalaman yang cukup lama, Swell mampu untuk merangkum dan menapaki jejak-jejak perkembangan clothing semenjak akhir 1990-an hingga 2020-an, di mana Swell melakukan interview kepada hampir semua pelaku bisnis clothing yang signifikan pada jamannya.

Swellcast adalah podcast wawancara dengan hampir 30 pengusaha clothing yang sudah banyak jatuh bangun membangun brand hingga sebesar sekarang. SCH, Cosmic, Rockmen, Maternal Disaster, Crooz, dan yang lainnya adalah jaminan nama bagaimana brand mereka tidak dibangun dalam waktu sehari.

Sebuah perjalanan panjang yang tentu menarik untuk didengar kisah-kisahnya. Swell mampu memberikan wacana yang enak didengar di Spotify dan Apple Podcasts. Kita bisa banyak belajar bagaimana sebenarnya perjuangan dan trik dalam membangun brand besar.

"Ini sebuah podcast tempat saling belajar dunia perkembangan clothing dan kultur kreatif brand lokal dikemas menarik dengan perbincangan ringan yang akan banyak memberikan banyak manfaat dan bisa saling share satubsama lain," papar Arian dari Lawless melalui keterangan tertulisnya, Selasa (6/7).

Max dari Crooz menilai saat ini perkembangan dunia clothing dan industri kreatif begitu cepat sehingga dibutuhkan insan kreatif yang mampu membaca pasar apalagi ditengah pandemi saat ini. "Ini platform kita untuk berbagi atau share ilmu untuk memancing generasi muda kreatif di mana kisah sukses jatuh bangun guru clothing akan saling menginspirasi untuk bisa ambil bagian dalam bisnis ini," paparnya.

Selain Swellcast yang berbentuk audio podcast, Swell memiliki konten turunannya yang dikemas dalam bentuk video yaitu Swellcast Highlights, sebuah rangkuman dan benang merah dari poin-poin menarik dalam Swellcast per empat episode. Kita bisa mendengarkan poin penting dalam Swellcast Highlights untuk mendapatkan sudut pandang berbeda dalam setiap sesi wawancara.

"Hanya berdurasi 4-5 menit dan tayang di IGTV @swellxtended, maka kita bisa merangkum banyak pernyataan penting apabila kita tidak ingin berlama-lama mendengarkan penjelasan dari banyak guru bisnis clothing," ungkapnya.

Baca juga: Asah Kreativitas di Tengah Pandemi dengan Lomba Media Kreasi

Ke depannya Swell sudah menyiapkan banyak lagi dokumentasi dan analisanya mengenai perkembangan clothing dan kultur kreatif di Indonesia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4247 seconds (0.1#10.140)