alexametrics

Bisakah Rambut Uban Kembali Hitam? Ini Jawabannya

loading...
Bisakah Rambut Uban Kembali Hitam? Ini Jawabannya
Usia menua biasanya diikuti oleh rambut yang memutih. Rambut yang disebut uban itu muncul lantaran pigmen melanin hilang. FOTO/IST
A+ A-
JAKARTA - Usia menua biasanya diikuti oleh rambut yang memutih. Rambut yang disebut uban itu muncul lantaran pigmen melanin hilang.

Penghasil pigmen ini bertanggung jawab atas warna rambut dan warna kulit alami Anda. Semakin sedikit melanin yang Anda miliki, semakin ringan rambut Anda.

Adalah wajar kehilangan melanin seiring bertambahnya usia. Ada juga beberapa alasan lain yang dapat menyebabkan hilangnya melanin. Namun, tidak mungkin untuk mengembalikan warna alami rambut Anda jika uban Anda bersifat genetik dan alami.



Perubahan dalam makanan Anda dapat memiliki efek pada tingkat uban pada rambut Anda, jika penyebab uban adalah defisiensi tertentu.

Bagaimana jika penyebab uban Anda genetik? Mungkin yang membuat Anda terkejut, rambut alami sebenarnya berwarna putih. Ini adalah melanin di rambut yang bertanggung jawab atas warna rambut. Kehilangan melanin terjadi secara alami, terutama setelah 30-an. Tingkat kehilangan warna rambut sebenarnya ditulis dalam gen Anda. Jadi, jika orang tua Anda mengalami uban di awal kehidupan mereka, Anda mungkin juga demikian.

Namun, tidak mungkin mengembalikan warna rambut Anda, ini tidak seperti apa yang dikatakan sebagian besar klaim yang diungkap di internet kepada Anda. Folikel rambut Anda tidak dapat menghasilkan melanin sendiri.

Selain rambut beruban alami, mungkin ada alasan lain dari uban Anda. Ini dapat disebabkan oleh salah satu alasan berikut dan mungkin dapat diobati. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya.

1. Kekurangan nutrisi
Diet seimbang penting untuk perawatan rambut Anda. Jika rambut Anda kekurangan nutrisi tertentu, itu bisa menyebabkan uban prematur. Ini termasuk kekurangan vitamin B12, folat, tembaga dan besi.

Mengkonsumsi suplemen dapat membantu mengatasi kekurangan dan seiring waktu Anda mungkin melihat warna Anda kembali normal. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil suplemen.

2. Kondisi kesehatan
Beruban prematur juga dapat terjadi karena kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit tiroid atau alopecia areata. Alasan lain mengapa rambut Anda rontok adalah fluktuasi hormon. Dimungkinkan untuk mengelola kondisi ini dan mengembalikan melanin dan warna rambut Anda.

3. Cara mengatasi
Ada beberapa cara Anda bisa memperlambat atau mencegah rambut beruban, yakni mengelola stres karena hormon stres dapat memperlambat produksi melanin, mempertahankan berat badan, mengurangi paparan polusi atau bahan kimia, dan melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

4. Suplemen
Memang benar bahwa nutrisi tertentu mempengaruhi produksi melanin. Banyak informasi mengklaim bahwa suplemen tertentu yang termasuk biotin, seng, selenium, vitamin B12 dan D-3, dapat mengembalikan rambut ke warna alami. Kecuali, jika Anda memiliki kekurangan diagnosa suplemen ini tidak akan berfungsi. Suplemen tidak berfungsi jika rambut beruban Anda alami.

5. Masker rambut
Masker buatan rumah tertentu yang termasuk minyak kelapa dan jus lemon mengklaim membantu menggelapkan rambut beruban. Masker rambut ditujukan untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan antioksidan pada kulit kepala. ini dapat membantu membuat rambut Anda terlihat berkilau, tetapi sulit untuk mengembalikan warna rambut.

6. Kentang
Idenya adalah bahwa pati alami dalam ski kentang dapat membantu menggelapkan rambut abu-abu selama suatu periode. Tidak ada dukungan ilmiah untuk metode ini. Selain itu, saat Anda berhenti mengoleskan kentang ke rambut Anda, hasilnya akan hilang.
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak