Gejala Covid-19 Dimulai dengan Urutan Ini, Mirip Penyakit Lainnya

Selasa, 13 Juli 2021 - 08:36 WIB
loading...
Gejala Covid-19 Dimulai dengan Urutan Ini, Mirip Penyakit Lainnya
Gejala Covid-19 Dimulai dengan Urutan Ini, Mirip Penyakit Lainnya. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Gejala Covid-19 dimulai dengan urutan demam dan mirip dengan gejala pada sejumlah penyakit umum lainnya, termasuk flu musiman. Sebuah studi baru telah menjelaskan bagaimana gejala Covid-19 muncul, yang dapat membantu orang yang mencoba mencari tahu apakah batuk mereka hanya batuk atau sesuatu yang lebih buruk.

Penelitian dari University of Southern California (USC) menentukan bahwa gejala Covid-19 sering dimulai dalam urutan tertentu. Temuan ini dapat membantu orang dengan Covid-19 mengisolasi diri dan mendapatkan perawatan lebih cepat, yang secara signifikan dapat menyelamatkan pasien.

“Urutan ini sangat penting untuk diketahui ketika kita memiliki siklus penyakit yang tumpang tindih seperti flu yang bertepatan dengan infeksi Covid-19,” kata Peter Kuhn, PhD, salah satu penulis studi dan profesor kedokteran, teknik biomedis, serta kedirgantaraan dan teknik mesin di USC.

"Dokter dapat menentukan langkah apa yang harus diambil untuk merawat pasien, dan mereka dapat mencegah kondisi pasien memburuk," lanjutnya.


Untuk memprediksi urutan gejala, para peneliti menganalisis tingkat kejadian gejala yang dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk lebih dari 55.000 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di China.

Mereka juga melihat kumpulan data dari hampir 1.100 kasus yang dikumpulkan antara Desember 2019 dan Januari 2020 oleh Kelompok Ahli Perawatan Medis China untuk Covid-19 dan disediakan oleh Komisi Kesehatan Nasional China.

Untuk membandingkan urutan gejala Covid-19 dengan influenza , para peneliti menganalisis data dari lebih dari 2.000 kasus influenza di Amerika Utara, Eropa, dan Belahan Bumi Selatan yang dilaporkan ke otoritas kesehatan antara tahun 1994 dan 1998.

Dilansir dari Healthline, Selasa (13/7) menurut temuan penelitian tersebut, orang tertular Covid-19, biasanya mengalami gejala dengan urutan demam, batuk dan nyeri otot, mual atau muntah dan diare.


“Studi ini menemukan bahwa pasien dengan flu musiman lebih sering mengalami batuk sebelum timbulnya demam. Pada kenyataannya, ini mungkin sulit untuk dibedakan karena flu sering dimulai secara tiba-tiba dengan tiga gejala, termasuk sakit punggung, kedinginan, dan batuk kering," jelas Dr. Robert Glatter, dokter darurat di Lenox Hill Hospital di New York.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)