Sembuh dari Covid-19, Jangan Lupa Buang Alat Kebersihan Pribadi

Rabu, 14 Juli 2021 - 09:40 WIB
loading...
Sembuh dari Covid-19, Jangan Lupa Buang Alat Kebersihan Pribadi
Pasien Covid-19 sebisa mungkin tidak berbagi alat makan, alat mandi, maupun berbagi ruangan dengan orang yang sehat. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Pasien Covid-19 sebisa mungkin tidak berbagi alat makan, alat mandi, maupun berbagi ruangan dengan orang yang sehat. Ini dimaksudkan agar tidak terjadinya pertukaran virus.

Baca juga: Terpapar Covid-19, Irwansyah Tak Alami Gejala Apapun

Kemudian, jika sudah dinyatakan sembuh, ada beberapa hal yang mesti dilakukan agar risiko penularan tidak terjadi, salah satunya membuang sikat gigi.

"Hal yang harus dilakukan setelah pulih dari Covid-19 adalah buang alat kebersihan pribadi Anda seperti sikat gigi dan pembersih lidah," saran Ketua Satgas Pengendalian Covid-19 PB IDI, Prof Zubairi Djoerban di media sosial, dikutip Rabu (14/7).

Tujuan dari membuang alat kebersihan setelah sembuh kata Prof Beri, sapaan akrabnya, bukan hanya melindungi Anda dari paparan virus yang mungkin ada di alat kebersihan tersebut, tetapi juga melindungi anggota keluarga lainnya.

Bahkan, saat membuang alat kebersihan tersebut, ada baiknya ditempatkan di wadah terpisah. Sekali lagi, ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus yang dikhawatirkan masih ada di alat kebersihan tersebut.

Baca juga: Genjot Penanganan Covid-19, BPOM Ubah Dua Regulasi

"Kalau perlu, buat wadah terpisah agar mengurangi penyebaran virus," tambah Prof Beri.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)