Daerah Senen, Tempat Nongkrongnya Para Tokoh Besar Indonesia Dahulu Kala

Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:10 WIB
loading...
Daerah Senen, Tempat Nongkrongnya Para Tokoh Besar Indonesia Dahulu Kala
Daerah Senen, Tempat Nongkrongnya Para Tokoh Besar Indonesia Dahulu Kala. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Halo semua, merapat yuk! Podcast Jajan Sejarah bersama Dua Farid kembali lagi nih. Dua cowok bernama sama ini bakal kembali mengajak kamu ke tempat-tempat bersejarah, sekaligus mencari berbagai tempat kuliner enak di sekitar Jakarta, dan kali ini kita bakal main ke daerah Senen! Sudah nggak sabar buat jalan-jalan sekaligus kulineran sama mereka? Langsung dengerin di RCTI+ yuk!

Buat yang tinggal di Jakarta, siapa sih yang nggak tau daerah Senen? Lokasinya yang ada di Jakarta Pusat, bikin tempat ini strategis untuk jadi pusat berbagai hal, mulai dari hiburan sampai kuliner. Nah, daerah ini juga menyimpan banyak cerita dan sejarah, karena sebenarnya Senen sudah berkembang dan eksis sejak lama, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Bahkan, di masa jayanya dulu, konon Senen adalah tempat nongkrong dan berdiamnya para tokoh terkemuka Indonesia.


Sekitar tahun 1930-an, konon ada sekelompok seniman yang suka nongkrong di daerah Senen. “Seniman, terus kemudian intelektual muda kayak misalnya Chaerul Saleh, Adam Malik, itu dulu mereka nongkrongnya di Senen,” ucap Farid. Sebelum pusat seni dipindahkan ke Taman Ismail Marzuki, para seniman seringkali disebut seniman Senen.

Nama besar lainnya yang suka nongkrong di Pasar Senen adalah HB Jassin. Beliau adalah seorang kritikus sastra terkemuka di Indonesia. “Makanya sekarang di TIM itu ada pusat dokumentasi sastranya HB Jassin,” ucap Farid.

Mau tahu gimana kelanjutan cerita mereka? Dengarkan selengkapnya hanya di Podcast Jajan Sejarah eksklusif di RCTI+ .

Baca Juga : RCTI+ Gelar Audisi Online X Factor Indonesia di Fitur HOT+ yang Akan Tayang di Stasiun TV RCTI
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)