Ketersediaan Tempat Tidur Pasien di RS Rujukan Covid-19 Mulai Stabil

Minggu, 18 Juli 2021 - 02:02 WIB
loading...
Ketersediaan Tempat Tidur Pasien di RS Rujukan Covid-19 Mulai Stabil
Kondisi BOR rumah sakit yang mulai rata ini mungkin diakibatkan oleh penambahan tempat tidur yang cukup signifikan. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono menyampaikan update terbaru mengenai evaluasi pelaksanaan PPKM Darurat Covid-19. Dalam sesi Konferensi Pers melalui platform Zoom, Sabtu (17/7), Wamenkes Dante memberikan kabar baik kepada masyarakat yakni kondisi bed occupancy ratio (BOR) rumah sakit yang sudah mulai flat di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Penglihatan Kabur Gejala Utama Hipertensi, Tak Boleh Diabaikan

Dia mengungkapkan, kondisi BOR rumah sakit yang mulai rata ini mungkin diakibatkan oleh penambahan tempat tidur yang cukup signifikan dan angka yang masuk ke rumah sakit. Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu pemerintah memang melakukan penambahan tempat tidur, sebanyak 1.000 tempat tidur di Wisma Haji.

"Tempat tidur isolasi ini bekerjasama antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Agama, dan dengan BUMN. Kami juga akan menambahkan 300 tempat tidur di rumah sakit Cipto Mangunkusumo dan sekitar 300-400 tempat tidur lagi di beberapa rumah sakit di Jakarta," terang dr. Dante, dalam sesi Konferensi Pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu.

Selain BOR rumah sakit yang sudah mulai stabil, Wamenkes Dante juga memberikan update mengenai perkembangan vaksinasi Covid-19. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mempercepat dengan memperpendek stok vaksin. Saat ini stok vaksin yang dimiliki pemerintah sekitar 74 juta vaksin di seluruh daerah.

"Sampai saat ini sudah disuntikkan sebanyak 50 juta dosis untuk 41 juta orang yang disuntik pertama. Jadi masih ada sekitar 18 juta dosis yang terdistribusi stoknya di seluruh Tanah Air. Kita sudah kedatangan bahan baku vaksin yang cukup. Untuk akhir Agustus 2021 sekitar 30 juta dosis vaksin kembali," katanya lagi.

Baca juga: Ledakan Covid-19 Bukan karena Program Vaksinasi, Begini Penjelasannya

Dalam penjelasannya tersebut, Wamenkes Dante menekankan kembali agar masyarakat memakai masker dan menghindari kerumunan apapun yang terjadi. Dia berharap bahwa apa yang dikerjakan dalam PPKM ini akan menjadi suatu hal yang menjadi integrasi, peran serta masyarakat dan komitmen dari pemerintah.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2964 seconds (0.1#10.140)