Bukan Hanya Sumber Energi, Ini Berbagai Manfaat Protein untuk Tubuh

Minggu, 18 Juli 2021 - 04:14 WIB
loading...
Bukan Hanya Sumber Energi, Ini Berbagai Manfaat Protein untuk Tubuh
Kekurangan protein dapat mengganggu kesehatan dan rentan akan timbulnya berbagai macam penyakit. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Protein merupakan salah satu zat yang mempunyai peran penting di dalam tubuh manusia, tentu selain dari vitamin, zinc dan karbohidrat. Kekurangan protein dapat mengganggu kesehatan dan rentan akan timbulnya berbagai macam penyakit.

Baca juga: Ketersediaan Tempat Tidur Pasien di RS Rujukan Covid-19 Mulai Stabil

Kebutuhan tubuh untuk protein ini terbilang cukup besar, karena penggunaan protein dalam tubuh juga sangat banyak. Fungsi utama adalah sebagai sumber energi. Dapat dikatakan jika seseorang kekurangan asupan protein, maka orang tersebut dalam keadaan lemah, lemas dan tanpa tenaga.

Dan, berikut berbagai manfaat protein bagi tubuh manusia seperti dikutip laman ansperformanceindonesia.com.

1. Kurangi Rasa Lapar

Fungsi pertama protein adalah dapat mengurangi rasa lapar yang berlebihan, hal ini seringkali terjadi pada malam hari. Terlebih lagi, orang yang kurang asupan protein akan timbul keinginan untuk makan, sehingga sudah bisa dipastikan dapat menambah berat badan berlebih.

Riset membuktikan bahwa sebagian besar orang dengan gangguan obesitas adalah mereka yang tidak mendapatkan asupan protein yang cukup, sehingga mengundang selera makan berlebih.

2. Kesehatan Tulang

Manfaat yang kedua dari protein adalah menjaga dan memelihara tulang agar tidak mudah keropos. Walaupun tidak sebagus kalsium, namun protein juga dapat menyehatkan tulang dan mempercepat pertumbuhan tulang.

3. Tingkatkan Metabolisme Tubuh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2807 seconds (0.1#10.140)