Bukan Hanya Sumber Energi, Ini Berbagai Manfaat Protein untuk Tubuh

Minggu, 18 Juli 2021 - 04:14 WIB
loading...
Bukan Hanya Sumber Energi, Ini Berbagai Manfaat Protein untuk Tubuh
Kekurangan protein dapat mengganggu kesehatan dan rentan akan timbulnya berbagai macam penyakit. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Protein merupakan salah satu zat yang mempunyai peran penting di dalam tubuh manusia, tentu selain dari vitamin, zinc dan karbohidrat. Kekurangan protein dapat mengganggu kesehatan dan rentan akan timbulnya berbagai macam penyakit.

Baca juga: Ketersediaan Tempat Tidur Pasien di RS Rujukan Covid-19 Mulai Stabil

Kebutuhan tubuh untuk protein ini terbilang cukup besar, karena penggunaan protein dalam tubuh juga sangat banyak. Fungsi utama adalah sebagai sumber energi. Dapat dikatakan jika seseorang kekurangan asupan protein, maka orang tersebut dalam keadaan lemah, lemas dan tanpa tenaga.

Dan, berikut berbagai manfaat protein bagi tubuh manusia seperti dikutip laman ansperformanceindonesia.com.

1. Kurangi Rasa Lapar

Fungsi pertama protein adalah dapat mengurangi rasa lapar yang berlebihan, hal ini seringkali terjadi pada malam hari. Terlebih lagi, orang yang kurang asupan protein akan timbul keinginan untuk makan, sehingga sudah bisa dipastikan dapat menambah berat badan berlebih.

Riset membuktikan bahwa sebagian besar orang dengan gangguan obesitas adalah mereka yang tidak mendapatkan asupan protein yang cukup, sehingga mengundang selera makan berlebih.

2. Kesehatan Tulang

Manfaat yang kedua dari protein adalah menjaga dan memelihara tulang agar tidak mudah keropos. Walaupun tidak sebagus kalsium, namun protein juga dapat menyehatkan tulang dan mempercepat pertumbuhan tulang.

3. Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Proses metabolisme sangat penting untuk tubuh untuk membuang racun yang tidak terpakai dan membakar lemak berlebih. Jadi jangan heran, jika ada seseorang yang sedang dalam program diet, maka mereka akan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Umumnya, tekanan darah diakibatkan oleh tingginya kandungan kolesterol dalam tubuh. Sedangkan salah satu fungsi dari protein adalah melawan dan menurunkan kolesterol tersebut sehingga dapat menurunkan tekanan darah serta membuatnya tetap stabil.

5. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Jika Anda sedang dalam program diet atau sudah sukses menjalaninya, jangan lupa untuk terus mengonsumsi makanan dengan protein tinggi. Hal tersebut dikarenakan protein dapat mengurangi risiko kembalinya berat badan setelah program diet. Hal ini jua berlaku bagi Anda yang tidak ingin kelebihan berat badan. Makanan dengan asupan protein tinggi dapat membantu menghindari gangguan obesitas.

6. Menjaga Fungsi Ginjal

Hal ini tidak berlaku bagi penderita penyakit ginjal, karena pada dasarnya, protein akan memperparah penyakit ginjal yang diderita. Namun bagi pemilik ginjal yang sehat tanpa gangguan, anda tidak perlu takut untuk mengkonsumsi protein karena hal tersebut justru akan tetap menjaga fungsi ginjal yang sehat.

7. Menjaga Kebugaran

Tidak heran jika banyak program kebugaran yang sangat menyarankan untuk menjaga asupan protein dalam tubuh agar tetap cukup. Hal itu bertujuan untuk menjaga kebugaran dan juga kesehatan agar tetap fit. Apalagi pada usia tua, makanan yang mengandung protein tinggi perlu diperhatikan agar tidak terlewat. Pada umumnya, salah satu efek penuaan adalah dengan melemahnya fungsi otot tubuh.

8. Mempercepat Penyembuhan

Jenis protein yang dapat membantu penyembuhan luka adalah albumin, banyak ditemukan pada putih telur atau jenis ikan kutuk. Dalam dunia medis, fungsi protein yang satu ini sering digunakan bagi penderita diabetes yang mengalami luka.

9. Menambah Massa Otot dan Kekuatan Tubuh

Ingin mempunyai tubuh seperti atlet binaragawan? Berarti Anda harus rutin mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Selain menjaga kebugaran dan mempercepat kembalinya stamina tubuh, protein juga dipercaya sangat baik untuk proses pembentukan otot atau yang biasa disebut dengan pembentukan massa otot.

Baca juga: Bersama Teman Sefrekuensi, Dokter Tirta Tak Pernah Lelah Berjuang Luruskan Hoax Covid-19

Tidak heran jika atlet profesional tetap menjaga asupan protein mereka untuk menjaga tubuh tetap ideal dan bugar. Bahkan mereka juga mengonsumsi suplemen tambahan untuk mempercepat proses body builder tersebut. Salah satu produk yang banyak dipercaya atlet profesional adalah ANS Performance Indonesia, yang informasi selengkapnya bisa dilihat di akun Instagram @ansperformanceindonesia.

Beberapa atlet yang membuktikan langsung manfaat ANS antara lain Ade Rai, Gita Pramitasari, Bobby Ida, Melvin Zhang, Ricky Syam, Shiella Frederica, Akbar Ghaus, dan banyak lainnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)