Kasus Positif Terus Bertambah, Tingkat Kepatuhan Prokes Masyarakat Masih Rendah

Rabu, 21 Juli 2021 - 07:33 WIB
loading...
Kasus Positif Terus Bertambah, Tingkat Kepatuhan Prokes Masyarakat Masih Rendah
Mengacu pada data kepatuhan protokol kesehatan tingkat nasional, sampai saat ini tingkat kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan nyatanya masih rendah. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Sudah lebih dari setahun pandemi Covid-19 berlangsung, angka kasus positif pun terus bertambah di Indonesia. Diketahui bahwa masih cukup banyak masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan dasar 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air dan sabun.

Baca juga: Vaksinasi Cegah Infeksi yang Belum Ada Obatnya, Jangan Takut!

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Profesor Wiku, Koordinator Tim Pakar dan Jubir Pemerintah dalam Penanganan Covid-19. Menurutnya, mengacu pada data kepatuhan protokol kesehatan tingkat nasional, sampai saat ini tingkat kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan nyatanya masih rendah.

"26 persen Desa/Kelurahan di Indonesia kepatuhan masyarakat memakai maskernya masih rendah. 28 persen Desa/Kelurahan di Indonesia memiliki kepatuhan menjaga jarak yang rendah," papar Prof Wiku dalam siaran langsung Keterangan Pers Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Selasa (20/7).

Data di atas semakin diperburuk dengan data dari tiga lokasi titik kerumunan yakni restoran, wilayah pemukiman dan tempat olahraga publik. Restoran menjadi tempat umum yang paling rendah tingkat kepatuhan protokol kesehatannya.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet dan Segar

"Restoran sebagai tempat publik yang tingkat kepatuhannya rendah, kepatuhan protokol kesehatan di restoran di angka 79,19 persen. Sementara wilayah pemukiman 81,17 persen dan 82,18persen untuk tempat olahraga publik," pungkas Prof Wiku.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)