Apabila Tidak Segera Ditangani, Empat Masalah Ini Akan Dialami Penderita Anemia

Rabu, 21 Juli 2021 - 12:10 WIB
loading...
Apabila Tidak Segera Ditangani, Empat Masalah Ini Akan Dialami Penderita Anemia
Ustadz Yusuf Mansur mengalami anemia atau kondisi kadar Hb darah sangat rendah. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Ustadz Yusuf Mansur mengalami anemia atau kondisi kadar Hb darah sangat rendah. Menurut informasi yang disampaikan langsung pada MNC Portal, Hb-nya pagi ini, Rabu (21/7) ada di level 5. Sangat rendah.

Baca juga: Ustadz Yusuf Mansur Terima Donor Darah dari Penghafal Alquran Terbaik Dunia

Itu kenapa pendiri dan pengurus Pesantren Daarul Quran tersebut langsung dibawa ke rumah sakit RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Kini, sang pendakwah itu tengah menunggu proses transfusi darah.

Penanganan cepat seperti dilakukan Ustadz Yusuf Mansur ini sudah sangat tepat. Terlebih, kini dirinya sudah dipantau oleh dokter rumah sakit.

Kenapa demikian? Orang dengan kadar Hb darah rendah yang tak tertangani dengan segera akan mengalami beberapa komplikasi yang bisa membahayakan nyawanya. Makanya, Ustadz Yusuf juga mengatakan di pesan singkatnya bahwa jika dirinya tak diatasi dengan cepat, bisa kolaps.

"Pagi ini, 21 Juli 2021, dengan izin Allah, HB (darah) saya Alhamdulillah 'masih' ada 5. Rendah sangat, tapi masih hidup hehehe. Eritrosit rendah, zat besi juga rendah. Semua, Alhamdulillah. ...Saya harus segera melakukan transfusi darah, kalau enggak bisa kolaps. Sebab, (darah saya) terlalu rendah," paparnya.

Lantas, apa saja komplikasi dari anemia yang tidak tertangani dengan segera dan juga tepat?

Menurut laman kesehatan Mayo Clinic, ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa terjadi atau komplikasi pada pasien anemia yang tak tertangani dengan tepat, antara lain:

1. Kelelahan parah

Anemia berat dapat membuat pasien sangat lelah sehingga mereka tidak dapat beraktivitas dengan normal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)