Saat Belajar di Rumah, Orang Tua Perlu Perbanyak Pujian dan Waktu dengan Anak

Jum'at, 23 Juli 2021 - 18:01 WIB
loading...
A A A
Ini ia sadari betul masih banyak dilakukan orangtua kepada anaknya. Padahal, perilaku itu sangat tidak sehat bagi mental si anak, terlebih di situasi pandemi seperti ini yang amat rentan membuat anak depresi.

"Contoh mudahnya, saat meminta anak untuk mandi, ya, jangan dibentak, tapi bisa dengan memintanya dengan ajakan ramah. Atau soal cuci tangan juga demikian," sarannya.

Setiap orangtua punya cara terbaiknya dalam mengasuh anak dan upayakan untuk memberikan suasana ramah anak sebagai pilihan cara terbaik tersebut.

Kak Seto juga meminta agar para orangtua berusaha untuk menjadi idola dan sahabat buat anak-anak yang banyak mengalami kebosanan atau kegelisahan terkait belajar di rumah. Ya, semakin Anda sebagai orangtua dianggap sahabat oleh anak, maka prestasi si anak pun akan baik dan rasa aman-nyaman bakal dirasakan si anak di rumah.

"Jadilah idola dan sahabat buat si anak selama belajar di rumah. Jangan keluarkan sifat otoriter. Buatlah si anak mengidolakan Anda, bukan malah membuat si anak takut berada di rumah," pesan penting yang ditegaskan Kak Seto.

Baca juga: 3 Langkah Turunkan Angka Kasus Covid-19 di Indonesia, Apa Saja?

Saat belajar di rumah, lanjutnya, perbanyak pujian dan waktu bersama dengan anak. "Acungkan jempol, beri bimbingan dengan ramah dan sopan, bahkan beri pelukan atau senyuman ke anak sebelum dan setelah belajar," tambahnya.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3116 seconds (0.1#10.140)