Cara Memasak Tingkatkan Risiko Serangan Jantung, Waspada!

loading...
Cara Memasak Tingkatkan Risiko Serangan Jantung, Waspada!
Cara Memasak Tingkatkan Risiko Serangan Jantung, Waspada! Foto/Express.
JAKARTA - Cara memasak dapat meningkatkan risiko serangan jantung . Asupan makanan yang digoreng dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung , dengan setiap tambahan 114 g porsi meningkatkan risiko lebih banyak lagi.

Dilansir dari Express, Sabtu (24/7) hubungan antara konsumsi gorengan dan risiko penyakit jantung didasarkan pada kumpulan data dari 17 penelitian.

Menggabungkan dataset dari semua 17 studi berarti rincian 562.445 peserta dianalisis, di mana 36.727 di antaranya mengalami serangan jantung atau stroke. Langkah analisis selanjutnya adalah membandingkan kategori konsumsi gorengan mingguan terendah dengan yang tertinggi.

Kelompok terakhir yaitu mereka yang makan lebih banyak gorengan memiliki risiko 22% lebih tinggi terkena penyakit jantung. Selain itu, kelompok yang sama juga memiliki 28% peningkatan risiko peristiwa kardiovaskular utama, seperti serangan jantung.



Baca Juga : WHO Rencana Selidiki Asal Usul Covid-19, China: Tidak Mungkin Kebocoran Laboratorium

Selain itu, kelompok yang paling banyak mengonsumsi gorengan setiap minggu juga memiliki risiko 37% lebih tinggi mengalami gagal jantung. Asosiasi linier ini menunjukkan bahwa semakin banyak makan gorengan, semakin berisiko kesehatan Anda.

Jika konsumsi gorengan meningkat 114 g dalam satu minggu, risiko serangan jantung meningkat 3%. Selanjutnya, risiko gagal jantung melonjak 12% dan risiko penyakit jantung melonjak 2%.

Namun, peserta mengandalkan ingatan mereka ketika harus mendokumentasikan seberapa sering mereka makan makanan yang digoreng. Para peneliti menyebut konsumsi tinggi makanan yang digoreng menghasilkan asam lemak trans berbahaya dari minyak nabati terhidrogenasi yang sering digunakan untuk memasaknya.

Menggoreng yaitu metode memasak di mana makanan dimasak dalam minyak panas juga dikatakan dapat memicu peradangan dalam tubuh. NHS mendorong orang untuk memanggang, mengukus, merebus, merebus, atau memasak makanan dengan microwave alih-alih menggoreng.

Baca Juga : Sudah Sembuh Covid-19 tapi Masih Batuk dan Sesak? Ini Alasannya

Saat memasak makanan Anda sendiri, NHS menyarankan Anda untuk memotong kelebihan lemak dari daging dan membuang kulit dari unggas. Penggunaan minyak tidak disarankan, tetapi jika perlu gunakan hanya dalam jumlah sedikit seperti minyak zaitun, bunga matahari atau minyak lobak.
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top