Usia Muda Punya Antibodi 7 Kali Lebih Kuat dari Lansia Usai Vaksinasi

Selasa, 27 Juli 2021 - 05:25 WIB
loading...
Usia Muda Punya Antibodi 7 Kali Lebih Kuat dari Lansia Usai Vaksinasi
Usia Muda Punya Antibodi 7 Kali Lebih Kuat dari Lansia Usai Vaksinasi. Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Orang-orang dengan usia lebih muda memiliki antibodi tujuh kali lebih kuat daripada yang lain. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, orang yang lebih muda memiliki lebih banyak antibodi daripada lansia.

Penelitian yang dilakukan oleh Oregon Health & Science University (OHSU) meneliti 50 peserta yang telah mendapatkan vaksin Pfizer dosis kedua dua minggu lalu. Mereka membagi peserta menurut usia mereka, kemudian menguji serum darah mereka untuk antibodi yang diproduksi oleh strain virus corona asli dan satu varian .

Temuan penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang berusia 20-an memiliki respons antibodi yang tujuh kali lebih kuat daripada orang di atas 70 tahun. Data yang dikumpulkan dari penelitian menunjukkan perkembangan linier tingkat antibodi rendah dari peserta yang lebih muda ke yang lebih tua. Perbedaannya lebih lebar antara peserta berusia 20-an dan 70-an.


Dilansir dari Times of India, Senin (26/7), rekan penulis penelitian menjelaskan bahwa meskipun tingkat respons antibodi rendah di antara orang dewasa yang lebih tua, tetap mendapatkan vaksinasi itu penting.

Vaksinasi adalah satu-satunya cara untuk tetap aman dan mengurangi risiko komplikasi terhadap virus. Dibandingkan dengan infeksi alami, vaksinasi memberikan respon antibodi yang lebih kuat pada orang dewasa yang lebih tua.

Bagaimanapun, mendapatkan vaksin adalah satu-satunya cara untuk melindungi dari komplikasi Covid-19 yang serius. Vaksinasi sangat penting untuk orang dewasa yang lebih tua karena sistem kekebalan mereka rendah dan mereka membutuhkan lebih banyak perlindungan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2162 seconds (0.1#10.140)