Diabetes Tipe 2, Ini Buah yang Sebabkan Gula Darah Tinggi

Selasa, 27 Juli 2021 - 08:00 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Ini...
Diabetes Tipe 2, Ini Buah yang Sebabkan Gula Darah Tinggi. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Beberapa buah dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi sehingga berisiko mengidap diabetes tipe 2 . Kunci untuk menjaga kadar gula darah adalah dengan berpikir hati-hati tentang pilihan makanan Anda.

Dokter Sarah Brewer menyarankan selalu periksa label makanan yang dibeli karena beberapa mengandung lebih banyak gula daripada yang diduga.

Dilansir dari Express, Selasa (27/7) beberapa makanan sehat memiliki dampak signifikan pada kadar gula darah dan ini dapat dinilai dari beban glikemiknya (GL).

Baca Juga : Gejala Diabetes Tipe 2, 6 Masalah Mulut Tanda Gula Darah Tinggi

Beban glikemik (GL) adalah ukuran yang memperhitungkan jumlah karbohidrat dalam porsi makanan bersama dengan seberapa cepat meningkatkan kadar gula darah.

Karbohidrat dipecah menjadi glukosa darah lebih cepat daripada kelompok makanan lain, meningkatkan risiko lonjakan kadar gula darah setelah dikonsumsi.

Semakin tinggi beban GL, semakin nyata dampaknya terhadap kadar gula darah. Seperti buah kismis yang memiliki beban GL sangat tinggi. Menurut Brewer, makanan dengan nilai GL 20 atau lebih tergolong tinggi.

Baca Juga : Virus Corona Bisa Bertahan di Tubuh Selama 83 Hari

Kismis melebihi ambang batas ini, dengan peringkat 28. Penyebab GL tinggi lainnya termasuk kentang panggang, nasi putih, dan cornflake. Makanan dengan GL rendah dan berdampak lebih kecil pada gula darah yaitu roti gandum, aprikot kering, dan susu murni.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
5 Buah Terbaik untuk...
5 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil: Kaya Nutrisi, Baik untuk Kesehatan Ibu dan Janin
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
5 Buah Terbaik untuk...
5 Buah Terbaik untuk Sarapan Sehat dan Praktis, Bikin Energi Tahan Lama
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Amerika Serikat vs Paraguay:...
Amerika Serikat vs Paraguay: Awal Krusial di Grup D Piala Dunia 2026
Penampakan Andri Mulyono...
Penampakan Andri Mulyono Pakai Rompi Tahanan usai Jadi Tersangka Baru Pengadaan Motor Listrik BGN
Stafsus Menag Tinjau...
Stafsus Menag Tinjau GKJ Nusukan Solo, Jamin Kebebasan Beribadah
Berita Terkini
Kasus Erin Berbalik...
Kasus Erin Berbalik Arah? Bukti Psikologis Nur Disebut Untungkan Herawati
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Infografis
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved