Orang yang Sudah Divaksinasi Penuh Harus Tes Covid-19 Jika Kontak Pasien Corona

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:02 WIB
loading...
Orang yang Sudah Divaksinasi Penuh Harus Tes Covid-19 Jika Kontak Pasien Corona
Orang yang Sudah Divaksinasi Penuh Harus Tes Covid-19 Jika Kontak Pasien Corona. Foto/Aldhi Chandra.
A A A
JAKARTA - Orang yang sudah divaksinasi penuh harus tes Covid-19 tiga hingga lima hari jika kontak erat dengan pasien Covid-19 . Bahkan, jika tidak memiliki gejala, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyarankan untuk tes Covid-19.

Pedoman terbaru dari CDC ini menyebutkan karena para ahli belum mengetahui berapa lama seseorang terlindungi setelah sembuh dari Covid-19. Bahkan jika seseorang telah pulih dari Covid-19 , ada kemungkinan, meskipun jarang, orang tersebut dapat terinfeksi lagi.

CDC mengatakan pada bulan Mei bahwa orang yang divaksinasi Covid-19 berisiko kecil terinfeksi penyakit ini dengan parah dan tidak perlu dites. Bahkan jika melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19 lantaran tidak mungkin menyebarkan virus ke orang lain.


Namun sekarang CDC mengubah pedomannya karena varian Delta lebih menular, yang sekarang menjadi penyebab sebagian besar infeksi Covid-19. CDC mencatat bahwa penelitian telah menunjukkan vaksinasi memberikan perlindungan pada orang yang telah pulih dari Covid-19.

Dilansir dari Hindustan Times, Sabtu (31/7) tetapi data baru menunjukkan orang yang divaksinasi dan terinfeksi varian Delta dapat menginfeksi orang lain.

Di samping itu, CDC juga merilis pedoman yang merekomendasikan orang yang sudah divaksinasi penuh untuk memakai masker di dalam ruangan jika tinggal di daerah dengan kasus Covid-19 yang tinggi.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)