Berikut Gejala dan Cara Mencegah Burnout Syndrome di Masa Pandemi

Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:04 WIB
loading...
Berikut Gejala dan Cara Mencegah Burnout Syndrome di Masa Pandemi
Pandemi Covid-19 yang terus menyerang Tanah Air hampir 2 tahun lamanya menyebabkan stres berat atau burnout. / Foto: ilustrasi/Oxford CBT
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang terus menyerang Tanah Air hampir 2 tahun lamanya menyebabkan stres berat atau burnout. Kondisi hidup yang semakin sulit disertai munculnya banyak tekanan membuat kesehatan mental seseorang menjadi terganggu.

Baca juga: Waspada!! Varian Delta Bisa Tulari 6-8 Orang Sekaligus

Sebagaimana diketahui, burnout adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana seseorang mengalami stres berat yang dipicu oleh pekerjaan. Ya, kondisi ini banyak sekali terjadi, di mana seseorang mendapat banyak tekanan saat work from home (WFH).

Merangkum dari Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Kamis (5/8), tentunya burnout ini memiliki sejumlah gejala yang bisa diamati secara fisik. Beberapa gejala yang mengindikasikan seseorang mengalami burnout syndrome antara lain.

1. Merasa seperti kehabisan energi atau kelelahan.

2. Memiliki perasaan negatif (sinisme) yang berkaitan dengan pekerjaan.

3. Produktivitas kerja menurun.

Nah, jika seseorang sudah merasa memiliki beberapa gejala burnout, tentu harus berhati-hati dan agar tidak semakin berkelanjutan. Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mencegah burnout syndrome adalah:

1. Buat batasan dan perencanaan jam kerja.

2. Ubah pola pikir menjadi lebih positif.

3. Lakukan aktivitas yang disukai dan menyenangkan hati.

Baca juga: Membandingkan Efek Samping Vaksin dengan Kerusakan Covid-19

Jika dirasa burnout syndrome sudah tidak terkendali maka menghubungi psikolog adalah jalan terbaik yang bisa dilakukan. Mereka dapat membantu permasalahan yang Anda hadapi secara profesional.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)