Varian Delta Cepat Menyebar, Pasien Isoman Wajib Pakai Masker 24 Jam

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 14:21 WIB
loading...
Varian Delta Cepat Menyebar, Pasien Isoman Wajib Pakai Masker 24 Jam
Varian Delta Cepat Menyebar, Pasien Isoman Wajib Pakai Masker 24 Jam. Foto/OSF Healthcare.
A A A
JAKARTA - Pasien Covid-19 isolasi mandiri (Isoman) wajib menggunakan masker 24 jam. Anjuran ini lantaran varian Delta menyebar lebih cepat dan mudah.

Itu kenapa rekomendasi menggunakan masker untuk pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri menjadi penting.

"Buat pasien Covid-19 yang jalani isolasi mandiri, harus pakai masker 24 jam, terlebih jika dalam satu rumah tinggal bersama anggota keluarga lain," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi saat Webinar Hoaks, Fakta, atau Sains?, Sabtu (7/8).

Penggunaan masker untuk anggota keluarga yang sehat, namun di dalam rumahnya ada pasien Covid-19 pun menjadi keharusan. "Jadi, kalau satu rumah dengan pasien Covid-19 yang sedang isoman, anggota keluarga juga harus pakai masker, ya," saran Siti Nadia.


Bukan hanya masker yang penting, dalam menjalani isolasi mandiri bersama anggota keluarga lain yang sehat, pasien Covid-19 juga mesti rutin membersihkan area yang sering dipegang, misalnya gagang pintu. Kemudian, memastikan ventilasi udara terbuka sehingga sirkulasinya lancar.

"Lalu, jangan lupa untuk makan yang bergizi, tidur yang cukup yaitu 6-7 jam, dan kurangi stres. Jadi, jangan tuh baca-baca informasi yang serem apalagi bersifat hoaks," jelas Siti Nadia.

Ia menambahkan, pasien Covid-19 sebisa mungkin tidak melakukan pergerakan di dalam rumah. Artinya, pasien harus berada di ruangan khusus atau jika berjemur, bisa dilakukan di pekarangan. Namun, apapun yang disentuh harus segera dibersihkan dengan desinfektan.

"Kalau keluar ruangan isolasi, pastikan masker terpakai dengan benar. Alamat makan juga jangan dipaksa bersama, ya," ungkap Siti Nadia.


"Kalau di rumahnya ada orang yang berisiko tinggi seperti penderita penyakit serius atau lansia, ada baiknya cari fasilitas untuk jalani isolasi terpusat," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7126 seconds (0.1#10.140)