5 Tips Memasak Sehat di Masa Pandemi ala Chef Renatta

Minggu, 08 Agustus 2021 - 12:38 WIB
loading...
A A A
Protein merupakan salah satu zat penting untuk tubuh karena dapat membantu proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, memperbanyak asupan protein juga salah satu cara meningkatkan hormon dopamine atau hormon pengendali emosi.

Saat dilepaskan dalam jumlah yang tepat, hormon ini akan meningkatkan suasana hati, sehingga kita bisa merasa lebih senang dan bahagia. Jadi selain sehat, mengonsumsi makanan tinggi protein juga dapat berpengaruh pada mood.

3. Pertahankan Nutrisi Sayuran dengan Pengolahan yang Baik

Sayur mengandung banyak vitamin yang mudah larut di dalam air sehingga bersifat sensitif dan mudah hilang dalam persiapan memasak. Untuk mempertahankan kandungan nutrisinya, kukus atau gunakan microwave saat mengolah sayur dibandingkan dengan direbus.

“Kalau kamu lebih suka merebus sayur, gunakan sedikit air dan hindari merebusnya hingga mendidih. Pengolahan dengan cara ditumis akan lebih baik untuk mempertahankan kesegaran dan nutrisinya,” terang Chef Renatta.



4. Kukus, Panggang, dan Rebus vs Deep Fried

Mengolah dengan cara mengukus, memanggang, dan merebus adalah alternatif yang bisa dipilih jika ingin membuat makanan yang Anda masak lebih sehat. Selain mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalam masakan, pengolahan dengan cara ini pun juga cenderung lebih rendah lemak karena tidak menggunakan minyak yang berlebihan.

5. Gunakan Garam Secukupnya

Mengonsumsi garam berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)