Peneliti Ini Ingin Uji Vaksin Polio untuk Cegah Infeksi Covid-19

Jum'at, 29 Mei 2020 - 02:15 WIB
loading...
Peneliti Ini Ingin Uji Vaksin Polio untuk Cegah Infeksi Covid-19
Gagasan di balik penggunaan vaksin polio untuk mencegah Covid-19 adalah mengaktifkan sistem kekebalan dengan bantuannya sebelum tubuh terpapar SARS-CoV-2. / Foto: ilustrasi/NPR
A A A
BALTIMORE - Baru-baru ini seorang peneliti terkenal di dunia, Robert Gallo, yang ikut menemukan bahwa HIV adalah penyebab AIDS, mengatakan bahwa vaksin polio oral juga harus diuji untuk melihat apakah dapat mencegah infeksi Covid-19. Namun, kedua virus yang menyebabkan infeksi, yakni polio dan Covid-19, masing-masing, bahkan tidak berhubungan.

Gagasan di balik penggunaan vaksin polio untuk mencegah Covid-19 adalah mengaktifkan sistem kekebalan dengan bantuannya sebelum tubuh terpapar dengan SARS-CoV-2. OPV adalah vaksin hidup yang tumbuh sementara di saluran pencernaan pasca vaksinasi.

Sebagaimana menukil Times Now News, ketika virus memasuki tubuh, bahkan ketika itu adalah virus yang melemah dalam vaksin, sistem kekebalan mengeluarkan semua jenis bahan kimia pelindung nonspesifik untuk menghilangkannya.

Oleh karena itu, jika OPV sudah ada di dalam tubuh, dan telah menempatkan sistem kekebalan ke dalam mode defensif, dapat menyerang virus corona baru jika memasuki tubuh. Oleh karena itu, sistem kekebalan mungkin dapat menghentikan SARS-CoV- 2 virus di trek, sebelum dapat menjadi lebih luas di dalam tubuh dan menyebabkan infeksi.

Bukti bahwa OPV yang diberikan untuk mencegah polio juga dapat mencegah infeksi virus lainnya, termasuk flu, telah membantu para peneliti membuat teori ini.

Umur panjang vaksin dan perlindungannya terhadap SARS-CoV-2 masih dipertanyakan, tetapi diyakini bahwa vaksin tersebut akan dapat melindungi tubuh selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Vaksin setidaknya, membantu menunda penyebaran virus dan sedikit mengendurkan sistem perawatan kesehatan.

Selain itu, OPV memiliki tiga galur yang berbeda. Dalam hal ini, satu galur dapat diberikan secara individual, selama periode waktu tertentu, untuk memperpanjang waktu perlindungan terhadap virus.

Bagian lain yang baik tentang OPV adalah telah diberikan kepada miliaran orang di seluruh dunia dan telah terbukti sangat aman. Vaksin ini juga tidak memerlukan biaya terlalu banyak, yang akan memudahkan akses.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)