alexametrics

Lima Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Membuat Nastar

loading...
Lima Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Membuat Nastar
Tingkat kesulitan dalam membuat nastar memang tidak terlalu susah. / Foto: ilustrasi/FiberCreme
A+ A-
JAKARTA - Nastar merupakan salah satu kue yang wajib tersaji dalam sejumlah momen bersama keluarga, seperti Lebaran. Membeli nastar mungkin menjadi salah satu pilihan praktis. Akan tetapi tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri.

Tingkat kesulitan dalam membuat nastar memang tidak terlalu susah. Namun, tidak jarang beberapa kali ada yang gagal dalam membuat nastar. Lantas apa saja kesalahan yang membuat nastar gagal? Ini dia beberapa di antaranya seperti dikutip dari EndeusTV.

1. Terlalu Lama Mengaduk Adonan



Mengaduk adonan menjadi kunci penting dalam pembuatan nastar. Tidak perlu adonan yang sangat kalis dalam pembuatannya. Namun kadang karena terlalu bersemangat, dalam mengaduk adonan menjadi terlalu lama dan kuat. Hal ini bisa menyebabkan nastar menjadi bantat dan tidak mengembang dengan sempurna.

2. Mengisi Nastar dengan Selai Kemasan

Kesalahan yang sering terjadi saat membuat nastar adalah mengisi nastar dengan selai kemasan. Meski lebih praktis dan tidak perlu membuat selai sendiri, tetapi tekstur selai kemasan biasanya lebih encer dan berair sehingga membuat kue nastar lebih lembek dan pecah.

Untuk mendapatkan nastar dengan hasil yang baik, gunakan selai buatan sendiri yang teksturnya lebih kental dan pekat. Selain itu, membuat selai sendiri juga lebih sehat karena terbebas dari pemanis buatan.

3. Terlalu Banyak Mengisi Selai

Pengisian selai dalam nastar juga penting diperhatikan. Jika Anda mengisinya terlalu sedikit, maka rasa dari nastar tidak akan terlalu enak. Begitu juga jika isian selai terlalu banyak. Selai yang terlalu banyak diisikan dalam nastar akan membuat kue mudah pecah dan bentuknya tidak lagi cantik karena cepat gosong.

4. Mengoleskan Kuning Telur pada Nastar Sekali Sebelum Dipanggang

Sebelum dimasukkan dalam oven, nastar harus diolesi dengan kuning telur agar warnanya mengkilat dan cantik. Akan tetapi, kesalahan yang sering dilakukan adalah mengolesinya sekali saja. Seharusnya nastar yang setengah matang juga kembali diolesi kuning telur agar nastar bisa mengkilat dan cantik maksimal.

5. Memanggang Nastar dengan Suhu yang Terlalu Tinggi

Suhu oven menjadi kunci penting dalam memanggang nastar. Kebanyakan orang menginginkan nastar cepat matang sehingga memanggang kue dengan suhu yang terlalu tinggi. Hal ini justru membuat nastar cepat gosong di bagian luar dan mentah di bagian dalam. Karena itu pilihlah suhu yang sesuai. Suhu 150-160 derajat celcius cukup untuk memanggang nastar dengan sempurna.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak