Diabetes Tipe 2, 4 Jenis Nyeri yang Tandakan Gula Darah Tinggi

Senin, 16 Agustus 2021 - 21:28 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, 4 Jenis Nyeri yang Tandakan Gula Darah Tinggi
Diabetes Tipe 2, 4 Jenis Nyeri yang Tandakan Gula Darah Tinggi. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan sekumpulan masalah jika kadar gula darah tidak dikendalikan. Menurut penelitian, empat jenis rasa sakit yang berbeda dapat menandakan gula darah tinggi .

Kunci untuk mengelola diabetes tipe 2 adalah menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Insulin biasanya melakukan fungsi ini tetapi jika Anda menderita diabetes tipe 2, produksi insulin sangat terhambat. Hasilnya adalah peningkatan kadar gula darah, suatu proses yang dapat menimbulkan kerusakan pada tubuh.

Dilansir dari Express, Senin (16/8) beberapa efek yang paling merugikan berada di bawah neuropati yaitu kerusakan saraf yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi secara konsisten.

Berbagai jenis rasa sakit dapat menandakan neuropati proksimal yaitu jenis kerusakan saraf yang langka dan melumpuhkan di pinggul, bokong, atau paha Anda.


"Rasa sakit awal bisa tajam atau menusuk, atau dalam atau terbakar," kata P. James B. Dyck, MD, Konsultan Neurologi dan Co-Direktur Laboratorium Saraf Perifer di Mayo Clinic.

Pada beberapa pasien, bahkan rangsangan taktil dapat menimbulkan rasa sakit. Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), neuropati proksimal biasanya mempengaruhi satu sisi tubuh Anda dan jarang menyebar ke sisi lain.

Seiring waktu, gula darah tinggi dan kadar lemak yang tinggi, seperti trigliserida, dalam darah dari diabetes dapat merusak saraf dan pembuluh darah kecil yang memberi nutrisi pada saraf Anda, yang mengarah ke neuropati proksimal.

Setelah gejala mulai, mereka biasanya memburuk dan kemudian secara bertahap membaik selama beberapa bulan atau tahun. Kunci untuk mengobati neuropati dan mencegahnya menjadi lebih buruk adalah dengan menstabilkan kadar gula darah.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)