Napas Bau? Waspada Bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2

Selasa, 17 Agustus 2021 - 07:18 WIB
loading...
Napas Bau? Waspada Bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2
Napas Bau? Waspada Bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes bisa sulit dikenali jika Anda tidak tahu tanda-tanda apa yang harus diwaspadai. Salah satu gejala paling umum dari diabetes tipe 2 adalah perubahan pada bau napas . Ini adalah dua tanda peringatan gula darah tinggi di mulut yang tidak boleh diabaikan.

Diabetes disebabkan oleh akumulasi gula dalam aliran darah, yang menyebabkan banyak komplikasi. Tetapi tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah Anda berisiko terhadap kondisi tersebut, atau tidak.

Dilansir dari Express, Selasa (17/8) sebagian besar kasus diabetes disebabkan oleh diabetes tipe 2. Di mana tubuh berjuang untuk memproduksi cukup hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Insulin diperlukan untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang dapat digunakan. Tanpa hormon yang cukup, jumlah gula dalam darah dapat terus meningkat sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung atau kerusakan saraf.


Anda mungkin berisiko terkena diabetes jika melihat beberapa perubahan kecil pada bau napas. Beberapa pasien diabetes mengembangkan napas yang berbau seperti permen buah pir, atau cat kuku yang disebabkan oleh proses ketoasidosis diabetik, yang terkait dengan gula darah tinggi.

Jika Anda mulai kehabisan insulin, keton yang mengancam jiwa mulai menumpuk di dalam tubuh. Pasien diabetes harus secara teratur memeriksa kadar gula darah mereka dan ini penting jika mereka mengembangkan tanda-tanda ketoasidosis diabetik (DKA).

DKA adalah masalah serius yang dapat terjadi pada penderita diabetes jika tubuh mereka mulai kehabisan insulin. DKA terutama mempengaruhi orang-orang dengan diabetes tipe 1, tetapi terkadang dapat mempengaruhi orang-orang dengan diabetes tipe 2.

Anda bisa mengalami DKA jika memiliki gula darah tinggi atau hiperglikemia dan tingkat keton yang tinggi dalam darah atau urin. Gejala DKA meliputi buang air kecil lebih dari biasanya, merasa sangat haus, sakit, sakit perut dan napas yang berbau seperti permen buah pir, atau cat kuku.


Tetapi hanya karena memiliki bau mulut, atau bau napas berbeda dari biasanya, itu tidak selalu Anda menderita diabetes. Ini bisa jadi disebabkan oleh makan makanan yang sangat berbau hingga pedas. Pada kesempatan yang lebih jarang, bau mulut bisa disebabkan oleh tonsilitis atau refluks asam.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4055 seconds (0.1#10.140)