Cegah Diabetes dengan Makan 2 Buah Sehari, Patut Dicoba!

Rabu, 18 Agustus 2021 - 11:27 WIB
loading...
Cegah Diabetes dengan Makan 2 Buah Sehari, Patut Dicoba!
Cegah Diabetes dengan Makan 2 Buah Sehari, Patut Dicoba! Foto/Bicycling.
A A A
JAKARTA - Cegah diabetes dapat dilakukan dengan makan dua buah sehari. Sebuah studi Australia berbasis populasi menemukan bahwa orang dewasa yang makan dua porsi buah sehari memiliki peluang 36% lebih rendah terkena diabetes dalam 5 tahun dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari setengah porsi buah sehari.

Dilansir dari Web MD, Rabu (18/8) temuan Nicola P. Bondonno, PhD, dan rekannya ini dipublikasikan secara online pada 2 Juni di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Studi ini juga menunjukkan bahwa asupan buah yang lebih tinggi dikaitkan dengan sensitivitas insulin yang lebih tinggi. Di mana hal ini dapat membantu menurunkan gula darah Anda.

Selain itu, ditemukan bahwa makan lebih banyak apel juga dikaitkan dengan hasil yang lebih baik. Ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak buah (terutama apel) memproduksi lebih sedikit insulin untuk menurunkan kadar glukosa darahnya.


"Hal ini penting karena tingginya tingkat insulin (hiperinsulinemia) dapat merusak pembuluh darah yang tidak hanya terkait dengan diabetes, tetapi juga dengan tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung," kata Bondonno, dari Institute for Nutrition Research di Edith Cowan University di Perth, Australia, dalam sebuah pernyataan.

Namun, jus buah tidak dikaitkan dengan kadar gula darah atau insulin yang lebih baik, atau risiko diabetes yang lebih rendah. Menurut peneliti ini mungkin karena kandungan gulanya yang relatif tinggi dan lebih sedikit serat bermanfaat.

"Mempromosikan pola makan dan gaya hidup sehat yang mencakup konsumsi buah-buahan populer seperti apel, pisang, dan jeruk, dengan ketersediaan geografis yang luas, dapat menurunkan kejadian diabetes tipe 2 ," ujar peneliti menyimpulkan.

Tidak jelas bagaimana makan buah dapat membantu melindungi dari diabetes.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)