Varian Delta Banyak Ditemukan di Provinsi-Provinsi Ini

Kamis, 19 Agustus 2021 - 05:26 WIB
loading...
Varian Delta Banyak Ditemukan di Provinsi-Provinsi Ini
Kementerian Kesehatan tak menampik bahwa sudah banyak wilayah di Indonesia yang dilanda serangan Covid-19 varian Delta. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan tak menampik bahwa sudah banyak wilayah di Indonesia yang dilanda serangan Covid-19 varian Delta . Bahkan, varian yang kali pertama teridentifikasi di India itu mulai mendominasi kasus di banyak negara di dunia.

Baca juga: Penyakit yang Mengancam di Balik Kelamaan WFH, Nyeri hingga Stroke

"Varian Delta merupakan varian baru yang saat ini mendominasi hampir di seluruh negara di dunia dengan kemampuan penularan yang lebih tinggi serta potensi memunculkan gejala yang lebih parah, maka kita harus waspada," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/8).

Karena hal tersebut, pemerintah terus berupaya menguatkan tes whole genome sequencing untuk terus melacak keberadaan varian Covid-19 yang tak hanya Delta, tetapi banyak varian lainnya.

"Indonesia terus berupaya melakukan sequencing terkait varian baru, baik yang berasal dari luar maupun dari lokal," ungkapnya.

Per 18 Agustus 2021, Siti Nadia menyatakan bahwa sequencing di Indonesia tercatat sudah lebih dari 5.000 tes dengan 80 persen hasilnya adalah varian Delta. Ini mesti jadi kewaspadaan semua masyarakat, terkhusus 10 provinsi berikut ini yang tercatat memiliki angka kasus varian Delta cukup tinggi.

Berdasar data Kemenkes, berikut 10 provinsi tersebut:

1. Aceh (18 kasus)

2. Sumatera Barat (29 kasus)

3. Jawa Barat (280 kasus)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)