Berbagai Manfaat Air Kelapa bagi Tubuh di Masa Pandemi

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 03:24 WIB
loading...
Berbagai Manfaat Air Kelapa bagi Tubuh di Masa Pandemi
Salah satu alternatif gaya hidup untuk meningkatkan imunitas yang semakin disukai masyarakat adalah dengan mengonsumsi air kelapa. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Kehadiran musim kemarau diiringi gelombang kedua virus corona (SARS-CoV-2) dengan berbagai varian baru yang masih mengancam menjadikan segala upaya menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Baca juga: Hasil Skrining Merah Berarti Tidak Fit dan Tidak Boleh Masuk Mal

Salah satu alternatif gaya hidup untuk meningkatkan imunitas yang semakin disukai masyarakat adalah dengan mengonsumsi air kelapa . Sebagai minuman yang telah dikonsumsi sejak dahulu kala di Indonesia, air kelapa memang memiliki cita rasa yang segar dan mempunyai beberapa khasiat. Selain itu, air kelapa ternyata juga memiliki kandungan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang seringkali tidak cukup dikonsumsi kebanyakan orang.

Pakar farmakologi dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, mengatakan, khasiat utama air kelapa adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh dan kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun.

"Rasanya yang lezat dan menyegarkan, membuat air kelapa mudah diminum orang yang sedang sakit, otomatis cairan tubuhnya kembali dan mendorong pemulihannya. Hal ini mungkin yang menyebabkan orang menghubungkan air kelapa dengan kekebalan tubuh," ungkap Prof. Tuti, dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, dalam tubuh, air kelapa dan cairan tubuh lainnya menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh, yang diperlukan sistem kekebalan dan sistem-sistem lainnya di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, cairan yang cukup di dalam tubuh juga diperlukan agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh, jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun.

"Jika kita mengalami dehidrasi, seluruh sistem tubuh akan terganggu. Konsumsi cairan yang cukup dan tepat, termasuk air kelapa, bersama dengan nutrisi dan tidur yang cukup, merupakan komponen penting yang diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh yang sehat," ucap Prof Tuti.

Menurutnya, ada juga yang mengonsumsi air kelapa saat demam karena Salah satu cara menurunkan demam adalah rehidrasi atau mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

"Jangan sampai orang demam berada dalam kondisi dehidrasi, karena dehidrasi sendiri akan memperparah demam. Jadi berdasarkan local wisdom, ternyata air kelapa digunakan manfaatnya untuk mengatasi dehidrasi," kata Prof. Tuti.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1330 seconds (10.55#12.26)