Efek Bokek Bagi Kesehatan Mental, Bikin Minder hingga Ingin Bunuh Diri

Senin, 23 Agustus 2021 - 23:40 WIB
loading...
Efek Bokek Bagi Kesehatan Mental, Bikin Minder hingga Ingin Bunuh Diri
Efek bokek bagi kesehatan mental jangan diabaikan, bisa bikin orang minder hingga ingin bunuh diri. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Efek bokek bagi kesehatan mental jangan diabaikan. Pasalnya jika tak diatasi, persoalan keuangan dapat menyebabkan masalah hubungan, depresi, atau kecemasan.Bokek atau masalah keuangan bisa membuat seseorang bisa menyebabkan seseorang sulit tidur, merasa marah atau takut, perubahan suasana hati, kelelahan, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, gairah seks rendah dan menarik diri dari orang lain.

Meskipun ini adalah reaksi normal, namun ini dapat memengaruhi kesehatan mental jika berlanjut selama lebih dari beberapa minggu. Anda bisa berisiko mengalami kecemasan atau depresi. Beberapa orang menggunakan obat-obatan atau alkohol untuk membantu mereka mengatasinya. Beberapa memiliki pikiran untuk melukai diri sendiri atau bunuh diri. Berikut ini cara mengatasi gangguan mental akibat masalah keuangan, seperti diiansir laman Health Direct:

Baca Juga : Tips Membagi Gaji Bulanan Agar Tak Terlilit Hutang, Ini 3 Caranya!

1. Tetap Jaga Emosi

Apapaun kondisi keuangan yang sedang dihadapi, Anda harus tetap bisa menahan emosi untuk mengendalikan emosi. Buatlah catatan masalah keuangan yang mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.Anda mungkin perlu membatasi pengeluaran Anda untuk sementara waktu. Menyisihkan sejumlah uang untuk tagihan, membuat dana darurat, dan membayar kebutuhan pokok terlebih dahulu

2. Berbagi Perasaan dengan Orang Terdekat

Terkadang seseorang lebih memilih untuk menyembuyikan masalah keuangan dari keluarga terdekat. Inilah yang justru membuat Anda berada dalam tekanan mental. Bila tak ingin keluarga mengetahui masalah ini, Anda bisa bagikan perasaan dengan teman dan kolega yang mendukung. Tentu Anda tahu siapa teman yang bisa diajak bicara tentang permasalahan ini.

Baca Juga : Cara Mengatur Gaji Sampai Gajian Lagi, Yuk Ikuti 6 Tips Ini!

3. Jujurlah dengan Keluarga Anda

Cara paling ideal yang membuat Anda terhindar dari tekanan mental adalah berterus terang kepada keluarga. Beri tahu mereka tentang situasinya dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi anggaran rumah tangga. Jika keluarga sudah mengetahui kondisi keuangan Anda mereka bisa membantu untuk hidup lebih hemat sesuai kondisi kantong Anda.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)