Tanda Serangan Jantung Saat Sikat Gigi yang Perlu Diwaspadai

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 12:44 WIB
loading...
Tanda Serangan Jantung Saat Sikat Gigi yang Perlu Diwaspadai
Tanda Serangan Jantung Saat Sikat Gigi yang Perlu Diwaspadai. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Tanda serangan jantung bisa dilihat saat sikat gigi . Periodontitis, juga dikenal sebagai penyakit gusi, adalah infeksi gusi yang menyerang jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.

Tanda awal dari kondisi ini adalah gusi berdarah saat menyikat gigi, yang biasanya terjadi selama gingivitis, salah satu bentuk periodontitis yang lebih ringan. Meskipun pendarahan gusi relatif umum, tapi tidak boleh diabaikan.

Periodontitis pada tahap awal masih dapat dengan mudah disembuhkan. Dilansir dari Express, Jumat (27/8) namun, bentuk penyakit yang lebih lanjut dan parah dapat memicu penyakit serius lainnya. Beberapa survei lisan telah menunjukkan bahwa pada satu waktu, satu dari empat orang dewasa memiliki penyakit periodontal sedang hingga berat.

Tanda dan gejala dari kondisi tersebut meliputi gusi bengkak, gusi berwarna merah cerah, merah kehitaman atau keunguan, gusi yang terasa lembut saat disentuh. Sikat gigi berwarna merah muda setelah menyikat, meludah darah saat menyikat atau menggunakan benang gigi, bau mulut dan nanah di antara gigi dan gusi.


Sebuah studi baru yang dilakukan di Swedia, melibatkan 1.578 peserta berusia rata-rata 62 tahun, yang menjalani pemeriksaan gigi antara 2010 dan 2014. Dari pasien tersebut, 985 diklasifikasikan sebagai sehat, sementara 489 memiliki periodontitis sedang dan 113 memiliki periodontitis berat.

Selama periode tindak lanjut 6,2 tahun, ada 205 kejadian titik akhir primer, yang didefinisikan sebagai kematian karena semua penyebab, serangan jantung atau stroke non-fatal, atau gagal jantung berat. Para peneliti mengamati bahwa peserta dengan periodontitis pada awal memiliki kemungkinan 49% lebih tinggi dari titik akhir primer yang tercantum di atas.

“Risiko mengalami kejadian kardiovaskular selama masa tindak lanjut lebih tinggi pada peserta dengan periodontitis, meningkat seiring dengan tingkat keparahannya. Ini terutama terlihat pada pasien yang sudah mengalami infark miokard," kata Dokter Ferrannini.

Kerusakan jaringan periodontal pada orang dengan penyakit gusi dapat memfasilitasi transfer atau kuman ke dalam aliran darah. Ini bisa mempercepat perubahan berbahaya pada pembuluh darah kuman yang masuk ke aliran darah atau meningkatkan peradangan sistemik yang berbahaya bagi pembuluh darah.


Deposit kuman di lapisan jantung disebut sebagai endokarditis, dan biasanya dipicu oleh bakteri, jamur, atau kuman lain yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Selama tahap awal periodontitis, peradangan gusi yang disebabkan oleh bakteri dapat terjadi hanya dalam waktu lima hari, sehingga penting untuk mengatasi gejala segera setelah muncul.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)