Memilih Obat Gatal Selangkangan Sesuai Penyebabnya, Ini Rekomendasinya!

Senin, 30 Agustus 2021 - 15:55 WIB
loading...
Memilih Obat Gatal Selangkangan Sesuai Penyebabnya, Ini Rekomendasinya!
Memilih obat gatal selangkangan tak boleh sembarangan. Obat harus disesuaikan dengan penyebabnya. Foto: Ilustrasi/IST
A A A
JAKARTA - Memilih obat gatal selangkangan tak boleh sembarangan. Obat harus disesuaikandengan penyebabnya. Ya, rasa gatal di selangkangan sangat mengganggu. Apalagibila rasa gatal ini timbul saat Anda berada di tempat umum.Untuk mengobatinya, ada beberapa obat yang bisa dipilih. Namun jangansembarangan. Obat yang dipilih harus disesuaikan dengan penyebab gatal di areatersebut. Memang, biasanya infeksi jamur menjadi penyebab utama rasa gatangtersebut muncul. Namun tak mentup kemungkinan faktor penyebab lainnya.

bisa membuat Anda merasa tidak nyaman, apalagi saat berada di tempat umum.Untuk mengatasinya, ada beberapa obat gatal di selangkangan yang bisadigunakan. Namun, jangan sembarang pilih, karena jenis obatnya harusdisesuaikan dengan penyebab gatal yang Anda alami.Nah berikut ini rekomendasiobat gatal selangkangan sesuai dengan penyebabnya seperti dikutip laman
Alodokter:

Baca Juga : Hati-Hati, Sering Gatal di Sekitar Alat Kelamin Bisa Jadi Tanda Diabetes Tipe 2

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur adalah salah satu penyebab paling sering. Jamur tinea cruris ataucandidiasis memang senang menginfeksi area ini. Selain selangkangan, infeksijuga dapat menyebar ke paha hingga bokong.Gejala infeksi jamur ini berupa ruam kemerahan pada selangkangan disertai rasagatal dan perih, apalagi saat Anda sedang berkeringat. Ruam juga bisa bersisikdan terkelupas.Bila ini yang Anda alami, obat krim miconazole, clotrimazole,oxiconazole, dan ketoconazole bisa menjadi pilihannya.

2. Psoriasis

Psoriasis termasuk penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada kulit.Psoriasis seringkali memicu rasa gatal pada lipatan kulit, salah satunya adalahselangkangan. Psoriasis biasanya ditandai adanya bercak merah yang tebal danbersisik pada kulit. Obat tacrolimus atau anthralin adalah pilihan yang tepat
untuk mengatasinya.

3. Kutu kemaluan

Adanya kutu kemaluan atau skabies juga bisa menjadi salah satu penyebab gataldi area selangkangan. Kutu tersebut memang hidup di area rambut, termasukrambut di kemaluan dan menyebabkan gatal-gatal.Infeksi yang disebabkan kutu kemaluan biasanya ditandai adanya rasa gatal daerah kemaluan hingga ke selangkangan.

Rasa gatal makin bertambah parah pada malam hari. Untuk membasmi kutu kemaluan, dokter biasanya akan meresepkan oabt salep, misalnya permethrin. Karena kutu bisa bergerak bebas, obat ini harus dioleskan pada seluruh tubuh agar gatal tidak menyebar ke tempat lain. Agar pengobatan efektif, gunakan salep pada malam hari dan biarkan semalaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6129 seconds (0.1#10.140)