Vitamin C Saja tidak Cukup, Berikut Tips Mudah Cara Jaga Daya Tahan Tubuh

Senin, 30 Agustus 2021 - 21:35 WIB
loading...
Vitamin C Saja tidak Cukup, Berikut Tips Mudah Cara Jaga Daya Tahan Tubuh
Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan Enesis. (Foto: Dok Okezone)
A A A
JAKARTA - Beberapa minggu ke belakang, kasus Covid-19 di berbagai daerah kembali naik secara signifikan membuat pemerintah mengambil langkah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa Bali yang berlangsung sejak 3 Juli-20 Juli 2021. Terkait kebijakan ini pemerintah menyarankan masyarakat untuk beraktivitas di rumah aja.

Meski kini beraktivitas di rumah saja, di situasi pandemi saat ini diperlukan imunitas humoral yang baik dan optimal agar tak mudah terpapar virus maupun penyakit lainnya. Oleh karena itu, kita harus pandai menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh di kala pandemi sekarang ini.

Ada berbagai cara mudah untuk menjaga daya tahan tubuh. Semuanya bisa langsung dipraktikkan tanpa perlu repot. Nah, buat kamu yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, berikut tips untuk menjaga daya tahan tubuh. Yuk Kepoin !

Mengonsumsi Makanan yang Bergizi dan Sehat
Langkah pertama agar daya tahan tubuh tetap terjaga, yaitu mengonsumsi makanan yang kaya akanantioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dankacang-kacangan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Sebaliknya, makanan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan tinggi gula, garam, dan lemak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Tidur yang Cukup
Tidur cukup merupakan pola hidup sehat dan dapat memengaruhi kekebalan tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of Experimental Medicine, tidur malam yang nyenyak dapat membantu Sel-T membunuh sel yang terinfeksi dalam tubuh dan mengatur respon imun, hormon adrenalin dan prostaglandin dalam tubuh rendah. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur cukup memiliki respon kekebalan tubuh yang baik dibanding orang yang kurang tidur.

Berolahraga Secara Rutin
Olahraga dapat meningkatkan stamina dan juga daya tahan tubuh. Meski berada di rumah, olahraga harus rutin dilakukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga selama 30 menit setiap hari akan meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna yang berfungsi, antara lain untuk membinasakan bakteri yang memasuki tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sisihkan waktu untuk berjalan, jogging, berlari, yoga ataupun aktivitas fisik lainnya.

Mengelola Stres
Saat kita dianjurkan di rumah mungkin kita merasa jenuh bahkan kesehatan mental bisa terganggu yang berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Oleh karena itu, daya tahan tubuh bisa dijaga dengan baik dengan cara mengelola stres.

Stres yang tinggi dapat melemahkan sistem imunitas dan dikaitkan dengan sejumlah penyakit. Selain menghindari stres, kamu juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti latihan pernapasan atau meditasi.

Mengonsumsi Suplemen Harian
Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, penting untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh salah satunya mengosumsi vitamin C karena sejak dari dahulu vitamin C dikenal sebagai senyawa yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mempercepat penyembuhan beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, salah satunya flu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5185 seconds (0.1#10.140)